Hindari 5 Makanan ini Merusak Fungsi Otak!

PrimaBerita – Setiap orang memiliki kebutuhan makan yang berbeda. Masing-masing asupan disesuaikan dengan kegiatan, usia, kondisi tertentu, dan sebagainya. Dari sekian banyak makanan yang dianggap lumrah, ternyata juga punya dampak buruk bagi kesehatan lho. Misalnya seperti 5 makanan yang bisa berdampak buruk bagi fungsi otak ini.

Nasi putih

Nasi putih memang sudah jadi makanan wajib orang Indonesia. Ternyata mengonsumsi nasi putih membuat kadar glikemik di dalam tubuh meningkat. Glikemik adalah kandungan gula darah yang didapat dari produk makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Beberapa jenis karbohidrat memang berdampak negatif pada otak dan terkadang membuat perubahan emosi. Kadar glikemik pun bisa meningkatkan depresi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi membuat gula darah naik tiba-tiba, yang kemudian akan menyebabkan lonjakan insulin.

Untuk mencegahnya, harus pastikan makan dengan porsi tidak berlebihan dan dipadukan dengan makanan glikemik rendah. Misalnya seperti buah, sayuran, kacang polong, serta biji-bijian.

Jus buah

Buah memang baik bagi kesehatan. Jus buah yang biasa dijual ditambahkan gula untuk memperkaya rasa manisnya. Padahal buah sudah memiliki kandungan gula (fruktosa) dan kemudian ditambah gula, hal itu akan sangat membahayakan fungsi otak dan menurunkan proses berpikir.

Otak memang perlu gula untuk mengatur fungsi tubuh, tapi kelebihan gula juga bukan sesuatu yang baik lho! Selain berbahaya bagi otak, gula bisa menjadi sumber makanan yang baik bagi bakteri parasit di dalam tubuh.

Baca juga: Kematian! Salah Satu Resiko Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur

Add a Comment