Tak Ada Himbauan Harga Pertalite Naik, Ini Kata Pihak Pertamina

Primaberita.com – PT. Pertamina (Persero) membenarkan jika harga bahan bakar minyak jenis (BBM) Pertalite mengalami kenaikan harga dari Rp7.500 menjadi Rp7.600 per liter. Kenaikan harga bbm dengan RON 90 itu diketahui naik sejak 20 Januari kemarin.

Kenaikan tersebut di klaim karena harga miyak mentah dunia yang terus merangksek naik. Oleh sebab itu dilakukan penyesuaian tarif. Hal ini disampaikan langsung oleh Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito.

“Iya sudah naik seratus rupiah. Naik nya sudah sejak minggu yang lalu, kurang lebih tanggal 20 Januari kemarin. Alasan nya karena harga minyak dunia dan bahan bakunya sudah naik,” ujar Adiatma.

Ketika ditanya mengapa tidak ada pemberitahuan dan imbauan terkait kenaikan harga, Adiatma mengingatkan, penentuan harga BBM umum, seperti Pertalite dan Dexlite merupakan wewenang perseroan. Hal ini, berbeda dengan BBM penugasan seperti premium dan solar yang ditetapkan pemerintah.

Sekedar informasi, Pemerintah sebelumnya memutuskan untuk menahan harga BBM penugasan untuk periode 1 Januari 2018 hingga 31 Maret 2018.

Harga premium di luar wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) saat ini dijual dengan harga Rp 6.450 per liter dan harga solar subsidi Rp 5.150 per liter, sedangkan harga premium dan solar di wilayah Jamali ditetapkan oleh Pertamina sesuai ketentuan pemerintah.

Add a Comment