Jus Buah Menjadi Salah Satu Pemicu Kanker

Penelitian

Para peneliti meneliti sebanyak 97 minuman dan 12 minuman dengan pemanis buatan. Semuanya termasuk ke dalam minuman yang berkarbonasi, minuman olahraga, sirup, dan jus buah murni. Namun, korelasi yang mereka temukan tidak berarti minuman itu saja yang menyebabkan kanker. Studi ini tidak berusaha untuk memahami alasan hubungan tersebut lebih lanjut.

Para peneliti masih berspekulasi bahwa efek gula pada lemak visceral, kadar gula darah dan peradangan mungkin memainkan peran dalam hubungannya dengan konsumsi minuman jus buah ataupun soda. Peneliti juga menemukan zat aditif yang ditemukan dalam soda dan pestisida dalam buah juga bisa berdampak.

Pada dasarnya riset itu tidak menemukan peningkatan risiko kanker dari minuman bebas gula. Air putih, teh, dan kopi tanpa pemanis juga tidak menunjukkan risiko tinggi.

Studi ini tidak menemukan peningkatan risiko kanker dari minuman bebas gula. Sayangnya, konsumen yang ditelitil tidak banyak sehingga hasilnya mungkin tidak signifikan. “Air, teh dan kopi tanpa pemanis juga tidak menunjukkan risiko tinggi,” ungkap peneliti dalam jurnal tersebut.

Baca juga: 10 Makanan PenCegah Kanker Paru-Paru

Add a Comment