Kesehatan Lifestyle

Hanya Dengan Minum Matcha Asal Jepang, Mampu Meredakan..

PrimaBerita – Teh hijau tentu sudah akrab di telinga kita. Namun, mungkin belum banyak yang memahami perbedaan teh hijau biasa dengan matcha.

Apa itu?

Matcha terbaik berasal dari Jepang, terutama Jepang bagian selatan. Perbedaannya dengan teh hijau lain adalah semak-semak teh (Camellia sinensis) ditutup selama beberapa hari sebelum panen untuk menaungi mereka dari sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kadar klorofil tanaman, yang mengubah warna daun menjadi hijau.

Setelah dipanen, daunnya dijemur agar kering kemudian digiling halus menjadi bubuk. Bubuk halus inilah yang kemudian bisa dikocok dengan air panas atau susu. Proses panjang itulah yang menyebabkan matcha jauh lebih mahal dari teh lainnya.

Teh Hijau vs Matcha

Matcha mengandung antioksidan tinggi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebuah penelitian di Universitas Colorado menemukan bahwa matcha mengandung sedikitnya tiga kali lebih banyak epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan teh hijau yang khas, daripada teh hijau biasa. 

Teh hijau biasa dibuat dengan cara merendam seluruh atau daun teh dalam air panas. Namun air panas hanya bisa mengekstrak antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Sementara ketika mengonsumsi matcha, seseorang mengonsumsi seluruh daun bubuk, membuat minuman tersebut lebih manjur.

Baca juga: VIRAL!! Ini Salah Satu Penyebab Kanker. Ayo Kita Kurangi!

Tinggalkan Balasan