Serba Serbi

Siapa Bilang Wanita Tidak Punya Jakun? Ini Alasan Lengkapnya

PrimaBerita – Jakun (dalam bahasa kedokteran disebut prominentia laryngea) adalah tonjolan di tengah tenggorokan yang terbuat dari tulang rawan tiroid. Tulang rawan tiroid merupakan tulang rawan yang melindungi laring, struktur dalam leher tempat di mana pita suara berada untuk menghasilkan suara.

Semua manusia punya

Baik pria dan wanita sama-sama memiliki tulang rawan tiroid, yang menjadi bagian dari anatomi leher manusia. Artinya, wanita juga memiliki jakun. Namun umumnya, ukuran jakun wanita tidak sebesar milik pria.

Jakun pria terlihat sangat jelas karena beberapa alasan. Pertama, struktur tulang leher pria lebih kokoh dan tebal daripada wanita, sehingga bisa menampilkan jakun yang sangat menonjol. Kedua, pria dan wanita melalui perubahan fisik yang berbeda selama masa puber.

Kapan kita mulai tumbuh jakun?

Anak perempuan dan laki-laki pada awalnya memiliki ukuran tulang rawan tiroid yang sama besar. Tapi begitu mereka mulai menginjak masa puber, anak laki dan perempuan melewati sejumlah perubahan fisik yang berbeda.

Selama puber, laring laki-laki bertumbuh dengan pesat berkat peningkatan hormon testosteron agar dapat memfasilitasi pita suara pria yang memang lebih tebal dan panjang. Inilah yang membuat suara pria dewasa lebih berat dan nge-bass.

Bersamaan dengan pertumbuhan laring, tulang rawan di sekitarnya juga ikut tumbuh. Hasil pertumbuhan tulang rawan inilah yang kita sebut dengan jakun.

Baca juga: VIRAL!! Ini Salah Satu Penyebab Kanker. Ayo Kita Kurangi!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan