Hasil SBMPTN Akan Diumumkan. Ini Jadwal dan Cara Buka Agar Tidak Down

PrimaBerita – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diumumkan pada Selasa (9/7). Menurut laman situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hasil diumumkan pada pukul 15.00 WIB. Hasil pengumuman dapat dicek melalui situs SBMPTN.

Jumlah Peserta

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan jumlah peserta yang mendaftar SBMPTN pada tahun 2019 mencapai 780.806. Namun, hanya  714.651 orang yang mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sementara itu, berdasarkan status pendaftarannya, Budi mengatakan ada 541.338 peserta yang mendaftar melalui jalur reguler. Sedangkan 173.313 lainnya mendaftar melalui jalur bidik misi.

Budi mengatakan belum bisa membeberkan jumlah bangku perguruan tinggi negeri yang diperebutkan melalui SBMPTN tahun ini. Menurutnya data statistik masih terus berubah berdasarkan dinamika yang terjadi.

“Ada beberapa PTN yang calon mahasiswa yang diterima SNMPTN tidak daftar ulang. Sehingga ada pengalihan dan itu masih dikerjakan statistiknya,” kata Budi.

Tahap Lanjutan

Lebih lanjut, peserta yang dinyatakan lolos akan melakukan tahap selanjutnya yaitu registrasi ulang di masing-masing kampus.

SBMPTN berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN dilakukan dengan menyaring calon mahasiswa yang berprestasi secara akademik menggunakan nilai rapor SMA dan prestasi lainnya yang berhubunhan dengan program studi yang dipilih.

Namun dalam penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN, rekam jejak SMA juga dipertimbangkan. Seleksi ini sudah dilaksanakan pada Januari hingga Februari lalu. Dan pengumumannya sudah diumumkan sejak 23 Maret 2019.

Baca juga: Duduk Di Rumah Mendapatkan Uang? Yang Benar Saja

Add a Comment