Ekonomi Bisnis Nasional

Perlambatan Ekonomi Dunia! Ini Langkah BI Mengatasinya

PrimaBerita – Kondisi ekonomi dunia sedang mengalami perlambatan. Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2019 menjadi 2,6% dari sebelumnya 2,9%. Melambatnya laju pertumbuhan ekonomi global tahun ini disebabkan lesunya perdagangan internasional.

Pernyataan Mirza Adityaswara

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara, mengatakan perlambatan ekonomi dunia juga disebabkan oleh pesimisme yang dibuat oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Belum lagi, perang dagang yang ditabuh oleh Trump terhadap China membuat aktivitas perdagangan dunia menciut. Alhasil pertumbuhan ekonomi bakal melambat. Aktivitas perdagangan dunia yang melambat juga membuat ekonomi China bakal turun. Buat Indonesia ini tidak menguntungkan.

“Saat ekonomi China melambat, maka kita (Indonesia) kerepotan. Karena membuat harga komoditas andalan Indonesia turun, dan ekspor juga ujungnya turun,” kata Mirza di Plataran Menjangan, Bali, akhir pekan lalu.

Fed Menurunkan Suku Bunga

“Pelaku pasar keuangan mengatakan pada Juli, The Fed akan turunkan suku bunga. Kalau itu benar, maka ruang pelonggaran lebih lanjut semakin terbuka. Kemungkinan The Fed menurunkan bunga acuan di Juli cukup besar. Tapi berapa besar turunnya, indikasinya tidak akan banyak,” papar Mirza.

Baca juga: Posisi KEDUA! Rupiah Indonesia Mengalahkan Singapura Dollar

Bagikan:

Tinggalkan Balasan