Jangan Anggap Remeh Masalah Ngantuk! Mungkin Anda Terkena Gangguan

PrimaBerita – Anda salah satu orang yang sering ngantuk sepanjang hari? Mengantuk memang kondisi normal yang seringnya terjadi akibat kurang tidur di malam hari. Sayangnya bagi beberapa orang, rasa kantuk yang mereka alami ini tergolong ekstrem dan sulit untuk diredakan meskipun sudah istirahat yang cukup. Tak jarang, kondisi ini menghambat aktivitas sehari-hari.

Central Sleep Apnea

Central sleep apnea adalah gangguan tidur dimana pernapasan terhenti sejenak saat tidur. Gangguan tidur ini disebabkan ketika otak gagal menerima signal ke otot yang dapat mengontrol sistem pernapasan. Saat terbangun, penderita mengalami kekurangan oksigen pada otak yang menyebabkan rasa kantuk sehari penuh. Kondisi ini semakin diperparah dengan rasa sakit kepala dan sulit berkonsenterasi. 

Hypersomnia

Seseorang yang mengalami keinginan tidur secara terus menerus adalah penderita hypersomnia. Mereka selalu merasa mengantuk juga sulit berpikir cepat. Kondisinya berbanding terbalik dengan penderita Insomnia. Tapi, penyebabnya sama-sama berpusat di sistem kerja otak. Karena semua aktivitas manusia berpusat di otak. Untuk mengobatinya, perlu ada terapi stimulus sistem otak pusat oleh tenaga medis spesialis agar otak dapat bekerja secara optimal kembali.

Nokturia

Pada orang dengan kondisi kesehatan yang baik, tidur 6-8 jam di malam hari biasanya bisa dilakukan dengan normal tanpa gangguan apapun. Tapi berbeda dengan penderita Nokturia, gangguan tidur terjadi ketika seseorang selalu merasa ingin buang air kecil di malam hari.

Frekuensi buang air kecil yang sering dapat mengganggu kualitas tidur Anda tentunya. Nokturia ini juga mengindikasikan beberapa penyakit.

Baca juga: Ada Makanan Penyebab Ngantuk !? Ayo Kita Hindari!

Add a Comment