Lakukan Ini Setiap Hari, Tingkatkan Kinerja Kreativitas Anak

PrimaBerita – Kreativitas adalah salah satu pondasi agar anak mampu menyelesaikan masalah, mamu berpikir out of the box, dan menjelajah sesuatu yang baru. Dan semua itu, bisa menjadi modal untuk kesuksesan anak, apapun bidang yang dipilihnya kelak, dokter, arsitek, peneliti, sutradara, atau jurnalis.

10 cara mengasah dan mempertajam kreativitas anak dengan cara menyenangkan:

Pertanyaan Kreatif

Cobalah memberikan pertanyaan-pertanyaan yang kreatif dan mendorongnya untuk berekspresi baik secara verbal maupun non- verbal. Perhatikan jawaban anak, walaupun tidak seluruhnya benar, tapi itu berusaha untuk berpikir.

Bermain

Bermain bisa menjadi media untuk mengembangkan kreativitas anak. Untuk itu, sediakan berbagai macam mainan untuknya. Selain itu, beri ia kesempatan untuk bermain di luar rumah, mengenal alam, dan bermain dengan teman-teman. Lewat cara itu anak akan kaya pengalaman dan terbiasa berinteraksi dengan lingkungan yang akan membuatnya belajar banyak hal, termasuk menyelesaikan masalah.

Liburan Kreatif

Liburan kreatif untuk anak tidak harus mahal, namun yang penting sesuai dengan minat anak. Hal ini bahkan bisa dilakukan di rumah. Dengan begitu anak akan mendapatkan banyak pelajaran bersosialisasi, kerjasama, toleransi dan tentu saja menyenangkan.

Hindari Kata Salah 

Kadang reaksi atau imajinasi anak tidak selalu sama dengan anak sepantarnya. Misalnya, ia menggambar mobil dengan roda segitiga. Jika hal ini terjadi, usahakan Anda tidak berkata “SALAH” akan imajinasinya.

Jangan Dipaksa

Jika anak Anda tidak menunjukkan bakat atau kreativitas, Anda tidak perlu terlalu memaksa. Semua butuh proses dan waktu. Yang bisa Anda lakukan adalah memberikan stimulus untuk memancing kreativitasnya keluar, seperti kegiatan bermain. Perlahan-lahan pasti akan terlihat. Paling penting adalah ia harus melakukannya dengan enjoy dan antusias.

Baca juga: Setiap Pagi Lakukan ini, Kinerja Otak akan Meningkat

Add a Comment