Serba Serbi

Cuma Begini Cara Pengecekan Nomor IMEI. Gampang!

PrimaBerita – Pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui akses situs https://kemenperin.go.id/imei/, situs cek nomor imei, sulit diakses hingga Rabu malam (3/7). Bahkan pada Kamis pagi (4/7) situs tersebut benar-benar sudah tak bisa diakses setidaknya hingga pukul 11.00.

Perbaikan Sistem Jaringan          

CEK IMEI Agar kami dapat memberi pelayanan yang terbaik untuk anda, saat ini kami sedang menyiapkan laman khusus untuk keperluan pengecekan status IMEI. Informasi selengkapnya mengenai hal tersebut akan kami sampaikan kemudian” demikian keterang dalam situs Kemenperin.

Kepala Biro Humas Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Setya Utama mengatakan saat situs https://kemenperin.go.id/imei/ sulit diakes oleh para pengguna, karena pihaknya sedang melakukan perbaikan pada jaringan komputer. 

“Berdasarkan hasil cek oleh Tim Pusdatin ada beberapa perbaikan yang sedang di lakukan pada system di Jaringan Komputer Kemenperin. Proses perbaikan di lakukan cukup memakan waktu karena proses perbaikan besar,” katanya. 

Cara Pengecekan

IMEI ini akan didaftarkan ke Kementerian Perindustrian ketika sebuah ponsel hendak dijual di Indonesia. Kemenperin mengumpulkan IMEI ini dalam database.

Nantinya nomor IMEI ini akan dijodohkan dengan MSISDN atau nomor identitas SIM Card. MSISDN berasal dari operator seluler. Jadi ketika sebuah ponsel terhubung ke jaringan, sebuah aplikasi khusus akan memindai nomor IMEI perangkat dan mengecek keasliannya ke sistem DIRBS Kemeperin. Jika tak terdaftar, koneksi jaringan akan diputus.

Baca juga: Bangga! Indonesia Punya Salah Satu Sapi Terbesar Di Dunia

Cara mengecek IMEI

Mengecek nomor IMEI lewat Pengaturan di tiga merek ponsel tersebut, bisa dilakukan dengan cara berikut.

1. Cek IMEI di Samsung

Klik Settings – Cari About Phone (Tentang Ponsel) – Cari kode IMEI untuk ponsel Samsung. 

2. Cek IMEI di Xiaomi

Settings (Pengaturan) – Cari About Phone – klik Status – cari Kode IMEI. 

3. Cek IMEI di iPhone

Kik Setting (Pengaturan)> General (Umum)> About, maka nomor IMEI tertera dilaman tersebut.

Untuk mengecek legalitas nomor IMEI ini di Indonesia, pengguna bisa lanjut mengecek di situs Kementerian Perindustrian www.kemenperin.go.id/imei

Baca juga: Bebas Visa Hingga 80 Negara, Kini Paspor Indonesia Makin Sakti

Bagikan:

Tinggalkan Balasan