Serba Serbi

Awalnya Dikira Anting-Anting Emas , Ternyata…

PrimaBerita – Benda ini sekilas terlihat seperti sebuah anting-anting emas, perhiasan mewah karena terlihat sebagai emas bulat dan besar. Namun ternyata benda ini bukan perhiasan emas sama sekali. Benda ini ternyata adalah kepompong.

Berikut ulasan mengenai kepompong yang mirip anting-anting emas

Kepompong emas

Kepompong dari kupu-kupu macan tutul atau Mechanitis polymnia memiliki tampilan yang unik, kepompongnya berbentuk unik dan berwarna emas berkilau.

Kepompong seperti ini dapat ditemukan di Hutan Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga hutan hujan Amazon. Kepompong ini memiliki lebar sayap 65 hingga 75 milimeter dengan bentuk yang unik dengan kilauan berwarna emas yang dapat memantulkan cahaya.

Bentuk

Bentuk dari kepompong tersebut adalah untuk menghindari dari pemangsanya. Karena kepompong sangat mudah menjadi sasaran dimangsa hewan lain, karena ketika proses jadi kepompong calon kupu-kupu ini tidak dapat melakukan apa-apa bila diserang pemangsanya. Namun dengan memiliki warna emas dan berkilau, hal ini pun dapat melindunginya dari pemangsa.

Sulit ditemukan

Dipercayai bahwa kepompong yang mengkilap dan reflektif berfungsi dengan baik untuk menyembunyikan keberadaan kepompong tersebut, membuatnya tampak seperti sesuatu yang lain. Kepompong itu menggantung layaknya tetesan air dan memantulkan poros cahaya sederhana ke pemangsa, sehingga dapat menakut-nakuti beberapa ancaman.

Baca juga: Resmi! Parlemen AS Meminta Facebook Menghentikan Sementara Libra

Bagikan:

Tinggalkan Balasan