Kesehatan

Hindari! Buah Ini Dapat Meningkatkan Kadar Gula Anda

PrimaBerita – Beberapa jenis buah dapat membuat kadar gula darah tak terkontrol. Artinya, ada beberapa buah yang harus dihindari oleh pengidap diabetes.Diabetes yang tak terkontrol dapat berujung komplikasi serius seperti penyakit jantung dan ginjal. Diabetes tak terkontrol umumnya berawal dari asupan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Berikut daftar buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Nenas

Buah tropis ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Semakin tebal dan lebar buah nanas, semakin banyak karbohidrat yang terkandung. Mengiris nanas kecil-kecil dapat jadi solusi mengonsumsi nanas dipadukan dengan makanan kaya protein agar gula darah tak melonjak.

Mangga

Satu buah mangga utuh dapat memiliki 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Saat mangga memiliki tekstur yang lunak, indeks glikemik akan semakin tinggi dan otomatis akan meningkatkan laju gula darah.

Anggur

Dikutip dari Very Well Health, satu buah anggur mengandung 1 gram karbohidrat. Jika mengonsumsi 15 buah anggur, artinya Anda mendapatkan 15 gram karbohidrat. Makan buah anggur secara berlebih dapat membahayakan kadar gula darah. Sebaiknya, konsumsi buah anggur dalam jumlah terbatas agar gula darah tetap terjaga.

Baca juga: 5 Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

Bagikan:

Tinggalkan Balasan