Kabar Baik! Apple Bakal Memindahkan Produksi ke Indonesia

-

PrimaBerita – Setelah tak menemukan tanda-tanda perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok akan reda, Apple akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah berikutnya. Sedikit demi sedikit, Apple mulai mencari berbagai alternatif lain agar tak terlalu bergantung kepada Tiongkok. Apple dikabarkan akan memindahkan 30% atau kira-kira sepertiga proses produksinya ke luar China.

Memindahkan Produksi

Apple sudah mengimbau para manufaktur, perusahaan rekanan dan juga pemasok untuk melakukan evaluasi dan penghitungan ulang bila memindahkan produksi ke luar Tiongkok sebagai efek dari perang dagang.

Memindahkan proses produksi dari satu tempat ke tempat lain tentu memiliki tantangan tersendiri. Keterampilan pekerja yang baru, infrastruktur, dan penyediaan jaringan listrik menjadi tantangan utamanya.

Produksi di Asia Tenggara

Sebelumnya Apple sudah menjalankan proses produksi iPhone dengan jumlah terbatas di India bersama Wistron. Apple mulai melirik kawasan Asia Tenggara sebagai tempat proses produksi lain.

Salah satu partner Apple, yaitu Pegatron sudah membuka pabrik dengan bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada di Batam.

Pegatron juga sebelumnya telah dikabarkan melakukan investasi sebesar $300 juta untuk membuat pabrik di Indonesia. Hal ini sesuai dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang memastikan Pegatron akan buka pabrik di Indonesia.

Baca juga: Cara Mudah Memperbanyak Follower Instagram Tanpa Aplikasi

Add a Comment