Lakukan Hal ini, Hormon Stres akan Hilang dalam Sekejap

-

PrimaBerita – Hampir semua orang bisa dipastikan pernah mengalami stres baik itu dalam waktu sebentar ataupun lama. Banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya hormon stres. Intinya, timbulnya stres dalam diri seseorang dikarenakan ketidakmampuan menghadapi beban atau tekanan hidup.

Ayo kita hilangkan stres dengan melakukan hal sepele ini.

Berenang atau berendam air hangat di bak mandi

Sebuah studi asal Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress menemukan bahwa mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh, yang membantu menekan tingkat hormon pemicu stres.

Berendamlah dalam bak kamar mandi, ditemani dengan lilin aromaterapi dan alunan musik lembut. Bisa juga dengan merendam kaki dalam air hangat yang dibubuhi minyak rempah atau aromaterapi.

Penggunaan aromaterapi dapat menjadi cara menghilangkan stres yang mudah. Aroma tertentu, seperti lavender telah secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang.

Baca juga: Pengen Six Pack? Tidak punya waktu? Lakukan latihan 6 menit ini

Meditasi

Meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan perasaan agar bisa berkonsentrasi dan relaksasi. Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah akan kembali normal.

Kondisi ini tentu dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Menurut hasil penelitian, meditasi selama 15 menit bisa memberikan efek yang sama pada kebugaran tubuh seperti olahraga selama 1 jam.

Baca juga : Stretch Mark bisa dihilangkan dengan cara ini? Apa itu?

Banyak Minum Air Putih

Saat kondisi tertekan, konsumsi banyak air putih membantu mengurangi ketegangan. Tanpa disadari hormon stres mengakibatkan cairan tubuh akan berkurang sehingga kondisi ini menimbulkan rasa letih pada tubuh. Oleh sebab itu, dengan meminum banyak air putih dapat mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Di saat cairan tubuh pulih kembali, maka rasa letih yang dirasakan akan mulai memudar, dengan begitu stres bisa teratasi.

Baca juga: Rajin Minum Air Hangat Dapat Menghambat Penuaan Dini

Tertawa

Tertawa juga bisa menjadi cara menghilangkan stres. Tertawa tidak hanya menunjukkan bahwa Anda sedang menikmati momen, tapi juga mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stres dalam jangka panjang.

Tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, kortisol, dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia, yaitu endorfin sehingga dapat mengubah cara pandang Anda terhadap hal-hal yang membuat Anda stres.

Baca juga : Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Jantung Anda

Add a Comment