air hangat
Kesehatan Lifestyle

Rajin Minum Air Hangat Dapat Menghambat Penuaan Dini

PrimaBerita – Kita selalu dianjurkan untuk rajin minum air hangat agar berbagai sistem di dalam tubuh kita ini berjalan dengan lancar.

Tahukah Anda bahwa 64% kulit kita terdiri dari air? Kulit memerlukan air untuk menjaga kelembapannya. Namun, hingga saat ini studi yang meneliti air sebagai salah satu perawatan kulit masih sedikit. Padahal, kenyataannya air memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita.

Apa sih kegunaan dari minum air hangat?

Penuaan dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika tubuh kita menumpuk racun, ia menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan. Air hangat dalam hal ini bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, juga membantu memperbaiki kondisi sel kulit yang bisa menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.

Melancarkan sirkulasi darah

Minum air hangat saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya bisa membuang toksin yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga memberi efek rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan melancarkan aliran darah.

Menurunkan berat badan

Air hangat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan, karena lemon mengandung serat pektin.

Baca juga : Stretch Mark bisa dihilangkan dengan cara ini? Apa itu?

Benarkah dengan minum 8 gelas air putih sudah cukup?

Saran itu berasal dari rekomendasi Badan Makanan dan Gizi dari Dewan Riset Nasional Amerika Serikat di tahun 1945, yang menyatakan: “Konsumsi air yang sesuai untuk orang dewasa adalah 2,5 liter setiap hari pada kebanyakan kasus … sebagian besar kuantitas ini berada dalam makanan kemasan.”

Kebutuhan air minum setiap orang berbeda-beda tergantung dari aktivitas dan bobot tubuh orang tersebut.

Dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK. akan membagikan rumusan tentang seberapa banyak seseorang harus mengonsumsi air tiap harinya.  

Begini cara hitungnnya.
Rumusnya adalah berat badan (kg) dikali 30 ml

“Misalkan, seseorang memiliki berat badan 50 kg. Bila dikali 30 ml maka jumlah air yang dibutuhkan setiap harinya adalah 1500 ml atau 1,5 liter per hari,” terang Edwin.

Tentu saja jika untuk ibu hamil air yang dibutuhkan juga berbeda. Tetap saja menggunakan rumusan yang tadi, namun hasilnya ditambah 500-600 ml per hari.

Baca juga : Setiap Pagi Lakukan ini, Kinerja Otak akan Meningkat

Bagikan:

Tinggalkan Balasan