Teknologi

OS HongMeng, OS Baru Besutan dari Negari Panda

PrimaBeritaHuawei secara diam-diam telah mengembangkan OS sendiri sebagai pengganti Android. Informasi ini diperoleh setelah Huawei mendaftarkan dengan nama Huawei HongMeng (OS HongMeng) di China dan Ark di Uni Eropa.

Terciptanya Ide Pembuatan OS baru

Ide membuat OS sendiri ini ternyata sudah digagas tujuh tahun lalu di sebuah vila dipinggir danau di Shenzhen, China. Kelompok eksekutif Huawei mengadakan pertemuan tertutup yang berlangsung selama beberapa hari.

Di sana mereka bertukar pikiran tentang bagaimana Huawei harus menanggapi meningkatnya keberhasilan Google Android di seluruh dunia, OS yang mereka gunakan di ponsel Huawei. Mereka khawatir ketergantungan pada Android dapat membuat perusahaan rentan terhadap larangan AS di masa depan.

Kelompok eksekutif itu sepakat untuk membangun OS sendiri sebagai alternative dari Android.  

Baca juga : Huawei Di “Blacklist” Oleh Amerika Serikat. Bagaimana Nasib Huawei P30 Dan P30 Pro?

Target OS HongMeng

OS HongMeng itu ditujukan ke produk entry level atau kelas menengah.

Target pasarnya untuk saat ini diketahui hanya Tiongkok. Disisi  lain Huawei pun telah mengajukan pendaftaran lain ke organisasi terkait serupa di sejumlah negara dunia. Di antaranya Kanada, Meksiko, Spanyol, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Peru, Turki, Filipina, dan berbagai negara Eropa. Pengajuan Huawei atas nama terkait di negara-negara dan wilayah itu terklasifikasi ke dalam serangkaian sub-kategori.

Perkembangannya dibantu oleh…

Perkembangan OS HongMeng ini dilaporkan juga melibatkan sejumlah produsen smartphone dan perusahaan teknologi lain dari China. Menurut Global Times, raksasa teknologi Tencent, dan pembuat smartphone Xiaomi, Oppo, dan Vivo, disebut secara aktif bekerja sama dengan Huawei untuk mendukung perkembangan HongMeng OS.”Huawei dilaporkan secara intensif menguji sistem operasi miliknya HongMeng dengan raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik, dan sistem baru akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan,” ungkap salah satu sumber yang dekat dengan isu ini, seperti dikutip Global Times.

Global Times juga melaporkan tentang klaim bahwa OS HongMeng memiliki performa 60 persen lebih cepat dari Android. Belum ada yang mendukung klaim ini, meski ada beberapa analisis yang mengatakan hal tersebut mungkin saja terjadi.

Baca juga : Smartphone Asal China Ini Miliki Harga Lebih Mahal Dari Dari Iphone X Lho!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan