p30 pro
Economy Editor Choice Ekonomi Bisnis Teknologi

Huawei di “blacklist” oleh Amerika Serikat. Bagaimana nasib Huawei P30 dan P30 Pro?

Primaberita.com – Baru meluncurkan ponsel anyar P30 dan P30 Pro, Huawei yang menjadi pusat perhatian dunia menjadi target pemerintah AS yang kemudian memasukkan nama Huawei ke dalam blacklist sebagai brand yang terlarang dalam urusan perdagangan.

Bukan hanya Huawei yang dimasukkan kedalam daftar hitam, turut juga didalamnya sebanyak 70 afiliasi Huawei yang masuk dalam daftar hitam tersebut.

Adapun alasan pemerintah AS bahwasanya hal ini disebabkan oleh adanya kecurigaan dan tudingan bahwa Huawei menjalin konspirasi dengan Iran.
Selain itu, alasan pemerintah AS melakukan tindakan ini adalah demi keamanan karena pemerintah AS tidak mau teknologi yang dimiliki oleh perusahaan AS disalahgunakan oleh pihak asing yang ingin merusak keamanan nasional AS.

Huawei tidak sendiri..

Amerika Serikat memang saat ini sedang dihantui oleh ketakutan akan terjadinya penyadapan melalui perangkat dan teknologi yang dikembangkan oleh Huawei. Sebelumnya ZTE pada tahun 2016 juga pernah mengalami kondisi serupa.

Pemerintah AS, Donald Trump bahkan telah menandatangi RUU yang melarang anggota pemerintah AS untuk menggunakan perangkat Huawei dan ZTE.

Sebagai catatan, jika suatu perusahaan masuk dalam Daftar Hitam tersebut, seluruh perusahaan terkait tidak diizinkan membeli komponen dalam bentuk apapun dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS.

Dampak terhadap perusahaan dan produk Huawei P30 dan P30 Pro

Hal ini tentunya berdampak besar secara ekonomi kepada perusahaan AS yang berbisnis dengan Huawei. Sementara Huawei sendiri dikatakan masih bergantung kepada para pemasok komponen dari Amerika Serikat. Tentunya kondisi ini cukup menyulitkan Huawei karena mereka akan menjadi kesulitan untuk mendapatkan komponen yang dibutuhkan untuk produksi perangkat Huawei dan mengembangkan bisnis telekomunikasinya.

Menanggapi hal itu, Huawei menentang keputusan yang dibuat oleh Biro Industri dan Keamanan kementerian perdagangan Amerika Serikat tersebut. Namun untuk saat ini belum ada langkah dan tindakan terkait hal ini.

Apakah kondisi ini mempengaruhi perkembangan produk Huawei P30 dan P30 Pro ? Apakah kondisi ini akan mempengaruhi penjualan produk Huawei P30 dan P30 Pro?

Dikabarkan pula Android juga dilarang untuk memberikan update kepada perangkat perusahaan Huawei tersebut. Namun dikatakan Android akan tetap mendukung perangkat yang sudah ada untuk saat ini. Bagaimana kedepannya belum ada yang bisa memastikannya.

Primaberita – Berita hari ini, terkini dan terpercaya

Bagikan:

Tinggalkan Balasan