Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh Bayi

AwanbabyClothing – Beberapa anak mungkin akan mengalami alergi kandungan laktosa dalam susu sapi. Namun anda bisa mengakalinya dengan memberi bayi susu kambing yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Susu kambing bisa dijadikan alternatif, dan bisa diberikan sejak anak usia 1 tahun. Berbagai manfaat pun bisa diterima anak dari mengonsumsi susu kambing.

Berikut manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh bayi

1. Zat besi yang Mudah Diserap Tubuh

Lebih dari 50 persen zat besi yang ditemukan dalam susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh. Persentase perbandingannya lebih tinggi daripada susu sapi yang hanya 13 persen. Maka, bayi akan mendapat lebih banyak zat besi jika mengonsumsi susu kambing daripada susu sapi.

2. pH Susu Kambing Mendekati pH ASI

Susu kambing bersifat basa seperti ASI, sedangkan susu sapi bersifat asam. Beberapa ahli menyatakan bahwa kadar pH susu kambing yang ideal membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik untuk bayi. Sifat basa ini pun dapat mengurangi kemungkinan infeksi gastrointestinal pada Si Kecil.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang Pada Bayi Anemia

Kondisi anemia bisa membuat kesehatan tulang bayi menurun. Menurut sebuah penelitian, individu yang kehilangan mineral dalam tulang akibat anemia akan membaik jika diberikan susu kambing. Oleh karena itu, susu kambing mungkin baik untuk bayi yang menderita anemia.

4. Susu kambing memiliki sifat anti-peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat anti-peradangan. Maka, mengonsumsi susu kambing dapat membantu memelihara bakteri baik di usus. Adanya kandungan tersebut juga dapat mengobati penyakit radang usus seperti kolitis.

Mudah dicerna

Jika dibandingkan dengan protein dari susu sapi, protein susu kambing memang kurang padat. Namun, lemak yang ditemukan dalam susu kambing terdiri dari asam lemak rantai pendek yang mudah pecah. Hal inilah yang membuat susu kambing dapat dicerna lebih cepat dan lebih baik oleh Si Kecil

Add a Comment