Hiburan Internasional Teknologi

Sergei Eisenstein, Topik Untuk Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com – Ketika anda membuka halaman utama mesin pencari Google hari ini (22/1/2018), anda akan melihat sesosok laki-laki sedang memegang roll film. Ya dia adalah Sergei Eisenstein yang merupakan penemu teknik Montase.

Apa itu Montase? Montase adalah salah satu teknik pengeditan yang populer digunakan untuk menggambarkan kisah dalam rentang waktu tertentu, dengan durasi yang singkat. Dan Sergei memang dikenal sangat ahli dalam menciptakan hal tersebut.

Lebih detail, Montase merupakan teknik pengeditan film, dengan cara merangkaikan potongan-potongan gambar. Teknik ini biasanya digunakan untuk menggambarkan berlalunya waktu atau peristiwa di masa lalu.

Beberapa karya-karya film inovatif dan luar biasa yang telah di tercipta dari buah pikiran pria kelahiran Soviet 1989 itu adalah Battleship Potemkin, Strike, dan The General Line.

Sergei sendiri sejatinya adalah seorang arsitektur dan teknik di Petrograd Institute of Civil Engineering sebelum menggeluti karirnya di dunia perfilman. Awal karir nya terjun ke dunia film adalah saat mengenal Teater Kabuki pada 1920.

Bersama Red Army ia bahkan juga mempelajari bahasa Jepang. Setelah itu, Sergei pindah ke Moskow, dan memulai karirnya dalam dunia teater dengan bekerja di Proletkult. Disana ia memproduksi karya Gas Masks, Listen Moscow, dan Wiseman.

Setelah 3 tahun, barulah di tahun 1923, ia memulai merancang teori Montase. Selanjutnya ia memproduksi film pertamanya Glumov’s Diary pada tahun yang sama. Disusul dengan Strike (1925), dan The Battleship Potemkin (1925) yang diakui secara kritis di seluruh dunia.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan