FOOD Health

Garam Ternyata Bisa Memicu Kegemukan


PRIMABERITA – Berdasarkan pengetahuan yang kita tahu, gula merupakan musuh dari kegemukan. Pelaku diet berjuang mati-matian untuk menghindari makanan yang manis. Kelebihan asupan gula memang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kegemukan. Namun ternyata, gula bukan merupakan satu-satunya makanan yang menyebabkan kegemukan. Studi terbaru membuktikan bahwa ternyata garam juga berpengaruh pada kegemukan. Untuk itu, kita perlu mewaspadai asupan garam.

Natrium sebagai kandungan utama garam

Kandungan utama dalam garam, Natrium, bukan hanya berfungsi sebagai penambah cita rasa. Natrium juga berfungsi untuk menjaga otot dan saraf agar mampu bekerja dengan baik, dan juga membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan. Tapi ternyata kelebihan garam juga dapat membahayakan tubuh. Menurut American Heart Association, asupan gram yang ideal bagi orang dewasa adalah tidak lebih dari 1.500 miligram per harinya. Selain untuk mencegah tekanan darah yang tinggi, membatasi asupan garam juga dapat mencegah kegemukan. Hal ini dikarenakan garam dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang asin, seseorang akan merasa terus lapar dan akan terus makan dengan porsi yang lebih banyak lagi. Selain itu, rasa asin juga akan mendorong seseorang untuk mengkonsumsi soda atau minuman yang manis setelah makan. Hal inilah yang membuat garam dapat menyebabkan kegemukan. Bukan hanya itu, peneliti dari Inggris dan Tiongkok juga menemukan bahwa mengkonsumsi garam yang berlebihan setiap hari akan meningkatkan resiko obesitas pada seorang anak sebesar 28 persen dan pada orang dewasa sebesar 26 persen.

Dengan ditemukannya fakta terbaru ini, akan lebih bagus jika kalian sebaiknya membatasi asupan garam setiap hari. Konsumsilah makanan segar yang tidak diawetkan, akan lebih baik jika kalian menyempatkan waktu untuk memasak makanan yang akan kalian makan sehingga kalian juga dapat membatasi asupa garam yang akan kalian konsumsi. Gantilah garam dengan rempah-rempah lain untuk menambah cita rasa makanan. Selain dapat menjaga berat badan, membatasi asupan garam juga dapat mencegah terjadinya hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan gangguan pada ginjal.

Baca juga : cara mendapatkan tubuh ideal!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan