FOOD Health Kuliner Life & Love

Trik Membeli Daging yang Bagus


PRIMA BERITA – Daging yang dijual di pasar dan di supermarket tidak selamanya bagus. Kadang penjual bisa menggunakan berbagai cara untuk mengelabui pembelinya dalam memilih daging. Untuk itu kita harus tau beberapa trik untuk membeli daging yang segar dan bagus. Daging yang dibeli juga tidak boleh dipilih sembarangan, karena kualitas daging sangat mempengaruhi kesehatan orang yang memakan daging tersebut. Ketahuilah cara cermat memilih daging yang sehat dan segar. Ayo kita cek trik-trik di bawah.

Aroma

Perlu diketahui bahwa daging yang segar dari jenis hewan apapun itu hampir tidak memiliki bau. Oleh karena itu, daging yang tidak segar akan memiliki bau yang tidak sedap atau bahkan bau yang sangat menyengat. Bau tidak sedap tersebut muncul akibat penurunan kualitas protein pada daging tersebut. Bau yang muncul terserbut mirip seperti ammonia merupakan tanda menurunnya kualitas daging tersebut.

Kepadatan

Tekstur kepadatan juga bisa menentukan apakah daging yang dijual segar atau tidak. Ada beberapa jenis daging yang apabila ditekan akan lebih lambat kembali ke bentuk semula, seperti bagian rib eye (sapi) dan tenderloin (sapi), namun hal tersebut tidak berarti kualitas dari daging tersebut buruk. Kita hanya perlu lebih waspada pada daging yang tidak kembali ke bentuk semula apabila ditekan. Hal ini juga disebabkan oleh kualitas protein pada daging tersebut sudah menurun. Trik ini dapat kalian praktikkan ketika membeli daging unggas.

Warna

Ciri utama dari daging yang sehat dan segar adalah warna dagingnya yang merah dan cerah. Semakin cerah warna dari daging tersebut, semakin segar pula daging tersebut. Namun kalian juga perlu mewaspadai daging-daging yang kemungkinan diberikan pewarna untuk dicerahkan warnanya. Selain itu, daging yang berwarna merah kecoklatkan bukan berarti daging tersebut tidak segar sama sekali, hanya saja akibat terpapar oksigen dalam waktu minimal 30 menit atau lebih atau telah dibekukan. Untuk memilih daging unggas, pilihlah daging yang berwarna kuning hinga warna kuning kekuning-kuningan.

Baca juga : Hindari Kebiasaan Untuk mencegah Kanker Kulit

Bagikan:

Tinggalkan Balasan