Kesehatan Lifestyle

Mitos dan Fakta Nyeri Tubuh


PRIMABERITA – Banyaknya berita tentang kesehatan menyebabkan banyaknya mitos-mitos kesehatan yang dipercaya orang. Salah satu masalah kesehatan yang memiliki banyak mitos adalah nyeri tubuh. Nyeri tubuh merupakan suatu pengalaman tidak enak yang dialami tubuh karena membuat seseorang mendapat rasa sakit dan tidak nyaman. Ketika tubuh nyeri, semua aktifitas akan terhambat dan tidak dapat dilaksanakan.

Nyeri Tubuh

Nyeri tubuh dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti cerea, infeksi, tulang keropos, olahraga yang berlebihan, serta yang lainnya. Rasa sakit timbul ketika otot atau tendon di bagian tubuh yang terasa nyeri mulai meradang atau bahkan terinfeksi, selain itu sirkulasi darah yang terhambat pada bagian tubuh tersebut juga menambah rasa sakit. Jika tidak segera diobati, rasa sakit akan terus menetap dan bisa jadi sulit untuk disembuhkan, hal ini lama kelamaan akan mengakibatkan komplikasi kesehatan yang serius yang dapat mempengaruhi mobilitas seseorang.

Di bawah ini ada beberapa mitos mengenai nyeri otot yang banyak dipercaya dan faktanya yang harus kita tahu.

Mitos: Rasa sakit hanya ada di pikiran

Fakta: Pernyataan ini tidak benar, banyak yang mengatakan rasa sakit sebenarnya bersumber dari pikiran dan dengan demikian, kita bisa mengendalikan rasa sakit dan menahannya agar tidak datang. Sayangnya, rasa sakit yang di dapat merupakan masalah yang terdapat di fisik kita dan membutuhkan perhatian yang lebih hingga perawatan medis.

Mitos: Rasa nyeri yang ringan tidak membutuhkan perawatan

Fakta: Kita memang tidak perlu terlalu mengkhawatirkan rasa nyeri yang ringan, namun bukan berarti bisa diabaikan. Segala jenis nyeri tubuh, baik ringan maupun berat, membutuhkan pemeriksaan. Meski nyeri yang muncul tidaklah berat, namun jika terjadi secara terus menerus atau berulang-ulang, maka ini bisa menandakan suatu kondisi yang serius.

Mitos: Istirahat total dapat menghilangkan rasa sakit

Fakta: Istirahat memang terasa sangat nyaman dan bisa meredakan rasa sakit ketika salah satu bagian tubuh kita terasa sakit. Namun, terlalu banyak istirahat tidak bisa menyembuhkan rasa sakit. Lakukanlah gerakan ringan atau olahraga simple karena dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang dan dapat mengurangi rasa sakit lebih cepat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan