Kesehatan Lifestyle

Penyebab Siklus Menstruasi yang Tidak Lancar

PRIMABERITA – Menstruasi, kata yang sudah dikenal bukan saja oleh kaum hawa, namun juga kaum adam. Namun menstruasi hanya terjadi kepada wanita ya guys, walaupun ada beberapa pria di dunia yang mengalami menstruasi, namun perbandingannya hanya 1:1000000. Ketika seorang wanita mengalami menstruasi, tanpa disadari mereka seringkali tidak memperhatikan siklus menstruasi mereka. Setiap wanita dianjurkan untuk mencatat tanggal menstruasi mereka setiap bulan. Dengan demikian, mereka dapat dengan mudah menyadari saat siklus menstruasi mereka berjalan tidak teratur. Ketika menyadari bahwa siklus menstruasi tidak lancar sebagaimana biasanya, maka mereka perlu memeriksakan diri ke dokter.

Henny Kartika Putri, Dokter umum rumah sakit umum Siloam di Karawaci mengatakan bahwa ada banyak penyebab mengapa siklus menstruasi menjadi lebih panjang atau lebih pendek. Selain itu dokter Henny juga menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar. Yuk simak penjelasan dokter tentang penyebab siklus mentsruasi tidak lancar di bawah ini.

Fungsi hormonal yang terganggu

Menstruasi memiliki kaitan yang erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Bila sistem pengaturan ini terganggu, maka siklus menstruasi pun akan terganggu. Jika ditemukan adanya kekurangan hormon tertentu, seperti hormon estrogen, maka sebaiknya berkonsultasi untuk terapi hormon agar hormon kembali seimbang.

Kelainan sistemik

Wanita umunya mengalami menstruasi secara normal. Namun wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, hal ini dikarenakan sistem metabolisme yang ada di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk makan-makanan yang bisa memenuhi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya, serta melakukan aktivitas fisik yang cukup (tidak berlebihan/ tidak kekurangan).

Stres

Stres yang hebat dapat meningkatkan hormon kortisol. Hormon kortisol dapat mengganggu produksi hormon reproduksi. Jadi, untuk mencegah siklus menstruasi yang tidak lancar, seseorang perlu belajar untuk mengelola stres yang dialami oleh mereka. Dengan belajar mengelola stress, maka secara perlahan-lahan, siklus menstruasi akan kembali menjadi normal.

Incoming search terms:
  • menstruasi tidak lancar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan