es teh manis dingin
Kesehatan Sains

Minuman sehari-hari ini ternyata salah satu penyebab kerusakan jantung!

Primaberita – Minuman es teh manis yang selama ini kita konsumsi ternyata dapat menyebabkan kerusakan jantung loh!!

Bahaya minuman es teh manis bagi jantung!

Sebuah penelitian yang dilakukan di Emory University, Atlanta, Georgia pada 2018 lalu menghasilkan fakta bahwa terbiasa mengonsumsi minuman manis seperti es teh manis dapat meningkatkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Seperti kita ketahui, minuman manis memang sudah terbukti mampu menyebabkan diabetes dan obesitas, dua masalah kesehatan yang bisa memicu komplikasi pada jantung dan pembuluh darah.

Namun, resiko tersebut akan bertambah besar ketika minuman manis tersebut dihidangkan bersama dengan es batu. Di Indonesia bisa dikatakan sehari-harinya es teh manis dikonsumsi dan merupakan minuman favorit secara umum.

Dr. Jean Welsh, asisten professor di universitas tersebut yang terlibat dalam penelitian ini menyebut setidaknya ada 17.930 orang dewasa dengan usia lebih dari 45 tahun yang dilibatkan.

Dari penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa kelompok partisipan yang lebih sering mengonsumsi minuman manis layaknya minuman bersoda, minuman sari buah dengan tambahan pemanis, terutama bila ditambahkan es semisal es teh manis cenderung memiliki risiko lebih besar terkena kematian dini akibat penyakit jantung.

Dr. Welsh juga menyebut para partisipan yang terbiasa mengonsumsi minuman bersoda sebanyak 2 kaleng setiap hari memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kematian yang dipicu oleh penyakit jantung dibandingkan dengan para partisipan yang mengonsumsinya kurang dari jumlah tersebut.

Minuman manis memang bisa memberikan sensasi nikmat dan segar saat dikonsumsi dengan tambahan es batu, apalagi jika suhu udara cukup panas. Hanya saja, ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita sering meminumnya.

Berikut adalah beberapa efek buruk lainnya dari kebiasaan mengonsumsi minuman manis dingin.

Membuat risiko terkena kanker pankreas meningkat

Membuat risiko terkena kanker pankreas meningkat

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Minnesota, Amerika Serikat pada 2010 lalu membuktikan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman manis dingin layaknya minuman bersoda mampu meningkatkan risiko kanker pankreas setidaknya dua kali lebih besar.

Fakta ini terungkap setelah penelitian ini dilakukan dengan melibatkan lebih dari 60 ribu partisipan dalam kurun waktu 14 tahun.

Meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2

Makanan atau minuman manis jika dikonsumsi dengan berlebihan memang bisa meningkatkan risiko diabetes dengan signifikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Harvard School of Public Health dan Brigham and Women’s Hospital pada 2010 lalu membuktikan sebagai berikut:

Mereka yang mengonsumsi minuman manis dingin sebanyak 1-2 kaleng setiap hari memiliki risiko terkena diabetes tipe 2. Risiko yang didapat pun lebih tinggi 26 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak terbiasa mengonsumsinya.

Membuat otot semakin lemah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine tahun 2000 menghasilkan fakta mengejutkan!

Fakta tersebut adalah tentang kaitan antara kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dengan risiko terkena pelemahan otot dan patah tulang pada remaja.

Remaja yang rutin mengonsumsi minuman tinggi gula setiap hari selama 4 pekan berturut-turut mengalami pelemahan otot dengan signifikan.

Meningkatkan risiko asam urat

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi minuman manis sekaleng per hari sudah mampu meningkatkan risiko asam urat hingga 75 persen.

Memicu kenaikan berat badan

Adalah fakta bahwa mengonsumsi minuman manis setiap hari mampu meningkatkan berat badan hanya dalam jangka waktu empat tahun saja. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko obesitas.

Melihat fakta-fakta ini, sebaiknya memang kita menghindari minuman manis (apalagi manis dingin) demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan