makanan khas italia
Editor Choice Kuliner

Makanan khas Italia, hidangan pembuka hingga penutup. Yuk cari tahu disini !!

Primaberita – Bukan hanya sepakbola, rupanya Italia juga cukup terkenal di bidang kuliner. Makanan khas Italia tersebar di mana mana saat ini khususnya di Indonesia. Kadang-kadang kita kurang memperhatikan, namun tetap menikmatinya. Berikut adalah makanan makanan enak yang berasal dari Italia. Apa saja?

Hidangan pembuka makanan khas Italia

Bruschetta
Bruschetta adalah merupakan hidangan pembuka. Bruschetta sangat terkenal dan di minta di Italia. Terbuat dari roti panggang yang di masak dengan bawang putih dan taburan rempah-rempah seperti olive oil, garam dan merica. Hidangan ini biasanya disajikan lengkap dengan tambahan saus tomat dan sayuran.

Hidangan utama makanan khas Italia

Pizza
Pizza adalah makanan khas italia yang sangat terkenal di dunia. Ingat pizza, ingat Italia. Anda pasti sudah familiar dengan makanan Italia ini, bukan?

Pizza dibuat dari roti yang diberi pelengkap sesuai dengan selera, seperti keju, saos tomat, sosis, beef, dan masih banyak lagi, lalu dimasak dengan cara dipanggang atau dimasukan dalam oven. Aroma khas pizza pun membuat Anda tergoda untuk menyantapnya selagi hangat.

Berbeda di Indonesia, di Italia sendiri pizza itu adalah makanan utama dan tampilannya tidak seperti di Indonesia. Pizza di negeri Italia disajikan cukup sederhana. Uniknya, satu piring pizza adalah porsi 1 orang. Di Indonesia sepiring untuk ber tiga atau ber empat.

Spaghetti
Selain pizza, Spaghetti juga merupakan makanan utama di Italia. Spaghetti disajikan dalam berbagai varian, bolognaise, napolitana, carbonara dan lain sebagainya.

Panini
Panini adalah sebutan lain untuk sandwich yang terbuat dari roti. Jenis roti yang biasa digunakan adalah ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti akan diisi dengan daging asap, ham, dan keju.

Risotto
Di Italia, menu ini seringkali dijadikan sebagai appetizer atau hidangan pembuka, namun di Indonesia menu ini seringkali dijadikan main course. Risotto sendiri sebenarnya adalah kuliner dari nasi sebagai bahan utama yang dicampur dengan sayuran, kaldu, serta bumbu lain hingga terasa creamy dan kaya akan citarasa.

Hidangan penutup makanan khas Italia

Panna Cotta
Panna Cotta disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat, dan buah coulis. Hidangan yang terbuat dari krim sangat manis ini tepat untuk menutup makan malammu yang sempurna.

Tiramisu
Tiramisu merupakan hidangan penutup yang dikenal dengan cita rasa kopinya. Tiramisu terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan dalam kopi. Selain dibuat berlapis, dicampurkan pula kuning telur, putih telur, gula, keju mascarpone, dan dibumbui dengan bubuk coklat.

Gelato
Gelato dalam bahasa indonesia adalah es krim (ice cream). Hanya saja di Italia teksturnya lebih padat dan diolah dengan proses khusus sehingga perkara rasa tak perlu diragukan lagi. Gelato biasanya disajikan dengan bahan campuran seperti biskuit, buah-buahan, dan berbagai jenis kacang. Banyak variasi topping yang boleh dipilih.

Begitulah kira kira makanan Italia yang sudah cukup mendunia. Selain makanan khas Italia yang dirangkum diatas, terdapat banyak lagi makanan khas Italia yang cukup lezat seperti chichken parmigian, Tortelini dan sebagainya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan