daftar jalan tol terpanjang indonesia
Economy Editor Choice Ekonomi Bisnis Nasional National

Daftar jalan tol terpanjang di Indonesia

Primaberita – daftar jalan tol terpanjang Indonesia memang belum seperti di luar negeri yang panjangnya mencapai puluhan kilometer. Terpanjang, jalan tol di Indonesia adalah jalan tol Cipali.

Berikut ini daftar jalan tol terpanjang Indonesia:

Jalan tol Cipali (116,75 km)

Jalan tol Cipali (Cikampek-Palimanan) merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia yang diresmikan pada Juni 2015 dengan panjang kurang lebih 116,75 km. Jalan tol ini melintasi daerah Cikopo, Subang, Purwakarta, dan Palimanan. Jalan tol ini juga merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur.

Jalan tol Jakarta-Merak (98 km)

Jalan tol Jakarta-Merak selesai dibangun pada 1984 yang melintasi Kota Jakarta bagian barat, Serang, Tangerang, dan Kota Cilegon. Jalan tol ini memhubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak dengan panjang kurang lebih 98 km.

Jalan tol Jakarta-Cikampek (83 km)

Jalan tol Jakarta-Cikampek merupakan jalan tol dari Cawang menuju Cikampek. Jalan tol ini melintasi kota Jakarta bagian timur, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta dengan panjang kurang lebih 83 km.

Jalan tol JORR (64 km)

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau disebut juga Jakarta Outer Ring Road (JORR) merupakan rangkaian jalan melingkar di luar kota Jakarta yang sudah terkenal sejak awal tahun 1990-an. Jalan tol ini menjadi penghubung warga Tangerang dan Jakarta menuju Bekasi dan beberapa kota lain di daerah Pantura.

Tol Jagorawi (59 km)

Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) merupakan jalan tol yang dibangun pada 1975 dan merupakan tol pertama di Indonesia. Jalan tol Jagorawi terbentang sepanjang 59 kilometer (termasuk jalan akses) dari Jakarta sampai Ciawi, Jawa Barat.

Jalan tol Cipularang (54 km)

Jalan tol ini selesai dibangun pada April 2005 dalam rangka menyambut KTT Asia-Afrika untuk memperingati 50 tahun KTT Asia-Afrika di Bandung. Jalan tol ini membentang dari Cikampek, Purwakarta, hingga Padalarang. Jalan tol ini juga merupakan jalan tol terpadat di Indonesia sebab menghubungkan dua kota besar di Indonesia yaitu Jakarta dengan Bandung.

Tol Padalarang – Cileunyi (33 km)

Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) adalah jalan tol lanjutan dari Jalan Tol Cipularang. Jalan tol ini adalah jalan lingkar selatan Bandung. Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan Jakarta dengan Bandung tetapi juga Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung serta Kabupaten Bandung.

daftar jalan tol terpanjang Indonesia kini telah direvisi karena hari ini Presiden Indonesia meresmikan jalan tol terpanjang di Indonesia yang baru.

Baca selengkapnya disini: Presiden Jokowi resmikan jalan tol terpanjang di Indonesia

Bagikan:

Tinggalkan Balasan