hari raya nyepi
Editor Choice Life & Love Peristiwa

Berbagai kumpulan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2019 yang bisa kamu bagi bagi.

Primaberita – Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun BaruSaka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka dalam hari raya nyepi.

Pengertian Nyepi

Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi.

Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa pada hari raya Nyepi. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos(alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

Berikut primaberita mengumpulkan beberapa gambar yang dapat anda bagikan untuk ucapan selamat hari raya Nyepi 2019.

Rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu menyambut hari raya Nyepi adalah sebagai berikut:

1. Melasti, Tawur dan Pengrupukan

Tiga atau dua hari sebelum hari raya Nyepi, umat Hindu melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.

Sehari sebelum hari raya Nyepi, yaitu pada “tilem sasih kesanga” (bulan mati yang ke-9), umat Hindu melaksanakan upacara Buta Yadnya di segala tingkatan masyarakat, mulai dari masing-masing keluarga, banjar, desa, kecamatan, dan seterusnya, dengan mengambil salah satu dari jenis-jenis caru (semacam sesajian) menurut kemampuannya. Buta Yadnya itu masing-masing bernama Pañca Sata (kecil), Pañca Sanak (sedang), dan Tawur Agung (besar). Tawur atau pecaruan sendiri merupakan penyucian/pemarisuda Buta Kala, dan segala leteh (kekotoran) diharapkan sirna semuanya. Caru yang dilaksanakan di rumah masing-masing terdiri dari nasi manca (lima) warna berjumlah 9 tanding/paket beserta lauk pauknya, seperti ayam brumbun (berwarna-warni) disertai tetabuhan arak/tuak. Buta Yadnya ini ditujukan kepada Sang Buta Raja, Buta Kala dan Batara Kala, dengan memohon supaya mereka tidak mengganggu umat.

Incoming search terms:
  • selamat hari raya nyepi 2019
  • ucapan hari raya nyepi
  • ucapan nyepi 2019
  • ucapan Hari raya Nyepi 2019
  • hari raya nyepi 2019
  • ucapan selamat hari raya nyepi 2019
  • nyepi 2019
  • ucapan selamat hari raya nyepi
  • gambar ucapan hari raya nyepi 2019
  • selamat hari raya nyepi
Bagikan:

Tinggalkan Balasan