Editor Choice Politik

Presiden Sindir Prabowo Terkait Pengembalian Lahan, : Rizal Ramli : Pemikiran Jokowi Kerdil!

Primaberita.com – Eks Menko Maritim, Rizal Ramli kembali mengkritik Presiden Joko Widodo terkait kepemilikan lahan Prabowo Subianto yang sempat di singgung dalam Debat Capres putaran kedua beberapa waktu yang lalu.

Dalam pidato itu, Jokowi membeberkan konsesi lahan Prabowo sebesar 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah. Usai memaparkan hal itu, Jokowi kemudian menyindir apakah para pemilik konsesi lahan berani mengembalikan lahan ke Pemerintah.

Hal itulah yang kemudian membuat Rizal Ramli berang. Ia menyebut jika pemikiran Jokowi terlalu kerdil. Pasalnya, ia menyebut pemilik lahan terbesar justru berada di sekeliling Jokowi. Oleh karena itu, Rizal menyarankan Jokowi untuk mengambil semua lahan dengan konsesi yang besar itu secara adil.

“Saya mohon maaf dari pidato itu menunjukkan bahwa (pemikiran) Presiden Jokowi kerdil karena pemilik tanah yang paling besar ada di sekitarnya. Ambil aja semua tanah yang dimiliki, kebanyakan itu pemiliknya pendukung Jokowi, dibagi sama rakyat, itu baru hebat.” ujar Rizal.

Lebih jauh, ia pun mencontohkan permasalahan konsesi lahan di Amerika Selatan. Rizal menjelaskan, di sana, lahan luas yang dimiliki orang kaya diambil dan dibagi-bagi ke rakyat kecil. Atas dasar itulah, Rizal kemudian merasa geram dengan ucapan-ucapan Jokowi yang ia nilai hanya membela kepentingan sepihak.

“Di Amerika (Selatan) banyak yang kaya gitu, tanah orang kaya diambil semua dibagiin ke rakyat. Makanya saya sudah mulai kesel, harusnya presiden tuh man of honor, kebijakannya berlaku untuk semua. Bukan orang perorang ditargetin,” tutup Rizal.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan