Property

Cara Mudah Dan Murah Membersihkan Furniture Kayu

Primaberita.com – Banyak perabotan rumah tangga yang terbuat dari material kayu, seperti meja kayu, rak kayu, dan kursi kayu. Keberagaman desain , kesan natural dan klasik yang ditampilkan menjadikan furniture kayu memiliki peminat yang sangat tinggi. Tak jarang orang rela membayar mahal untuk mendapatkan furniture kayu, terutama kayu klasik.

Akan tetapi perawatan furniture yang terbuat dari kayu dengan yang terbuat dari logam ataupun plastik sangat berbeda. Furniture kayu rentan terhadap pertumbuhan jamur, dan rayap. Untuk menjaga ketahanan furniture tersebut anda harus rutin merawatnya dengan cara yang tepat dan benar. Berikut beberapa tips untuk merawat furniture yang terbuat dari kayu.

1. Letakkan Di Tempat Yang Kering Dan Suhu Yang Normal

Panas matahari akan memudarkan warna kayu dan membuat kayu menjadi kering kemudian menyusut sehingga menimbulkan keretakan pada kayu. Sedangkan suhu yang lembab akan memancing pertumbuhan jamur dan rayap pada kayu.

2. Bersihkan Secara Berkala

Untuk membersihkan furniture kayu kamu dapat melakukannya sebulan sekali, dengan cara menyemprotkan cairan pelapis furniture pada permukaan furniture kayu dan tunggu hingga kering. Agar warnanya selalu cantik dan tidak kusam kamu bisa melakukan finishing ulang setiap 2 atau 3 tahun sekali.

3. Manfaatkan Air Hangat Dan Sabun Cuci Piring

Untuk membersihkan furniture kayu dari debu atau kotoran kamu bisa memanfaatkan air hangat dan sabun cuci piring, gunakan sikat gigi bekas untuk membesrsihkan daerah yang sulit dijangkau. Kemudian keringkan dengan kain yang lembut.

4. Manfaatkan Mayonaise Untuk Membersihkan Furniture Kayu

Mayonaise tidak hanya dijadikan pelengkap makanan tetapi bisa juga untuk membersihkan furniture kayu. Jikan ada bekas-bekas yang mengganggu pada permukaan furniture, seperti bekas air yang berbentuk gelas. Kamu dapat membersihkannya dengan mayonaise. Letakkan mayonaise di atas noda kemudian bersihkan dengan kain lembut.

5. Jangan Rendam Furniture Kayu

Jika ingin membersihkan dengan air jangan sampai merendamnya atau mengguyurnya. Karena itu akan merusak permukaan furniture.

6. Manfaatkan campuran Cuka Dan Minyak Zaitun

Kamu juga bisa membuat cairan pembersih furniture kayu dengan membuat campuran cuka dan minyak zaitun. Jika menggunakan 1 gelas cuka maka campurkan dengan 3 gelas minyak zaitun, perbandingan 1:3. Kemudian masukkan kedalam botol semprotan.Dan semprotkan pada bagian furniture yang kotor.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan