Politik

Tanggapi Hasil Debat Capres, Fadli Zon : Data Jokowi Ngawur

Primaberita.com – Hasil Debat Capres beberapa hari yang lalu masih menuai komentar dari sejumlah elite politik Tanah Air termasuk dari Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. Menurutnya, apa yang disampaikan Jokowi banyak yang tak akurat.

“Ini bentuk kemajuan dibanding debat pertama. Ada banyak data disampaikannya. Sayangnya, sebagian besar data tersebut ternyata bermasalah, bahkan ngawur, karena tak sesuai dengan fakta dan kenyataan,” tegas Fadli.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu pun kemudian memaparkan beberapa kasus salah satunya soal klaim konflik agraria. Fadli menjelaskan selama empat tahun pemerintahan sekarang, justru konflik agraria melonjak drastis.

“Misalnya saja soal klaim konflik agraria. Selama empat tahun pemerintahan sekarang, saya justru mencatat jumlah konflik agraria melonjak drastis, bahkan jauh lebih tinggi dari konflik agraria yang terjadi selama sepuluh tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),” lanjut Fadli.

Ia pun kemudian merujuk data yang dihimpun Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA). Di sepanjang 10 tahun kekuasaan SBY jumlah konflik agraria tercatat “hanya” 1.391 kasus di seluruh wilayah Indonesia. Sementara, selama 4 tahun pemerintahan Jokowi, telah terjadi sedikitnya 1.769 konflik agraria.

“Pembangunan infrastruktur menempati urutan ketiga penyebab konflik agraria, sesudah sektor perkebunan dan pertambangan. Jadi, ngibul saja kalau diklaim tak ada konflik agraria dalam 4,5 tahun terakhir,” tutup Fadli Zon.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan