Ada Tulisan Menyerupai Kata ‘Allah’ Di Produk Terbarunya, Nike : Tidak Sengaja

Primaberita.com – Sebanyak ribuan orang telah menanda-tangani petisi menuntut produsen apparel olahraga terkenal Nike untuk menarik produk sepatu Air Max 270 dari pasaran. Hal itu dikarenakan, produk tersebut dinilai menghina umat muslim.

Seperti diketahui, tuntutan itu mengklaim jika logo yang terletak di sol sepatu Air Max 270 itu mirip dengan tulisan “Allah” dalam aksara Arab. Sejauh ini, petisi tersebut telah mengumpulkan 14.000 tandatangan sampai Rabu siang lalu.

“Pastinya akan diinjak, ditendang dan ternoda karena lumpur atau bahkan kotoran. Sangat keterlaluan dan mengerikan bagi Nike untuk mengizinkan nama Tuhan diletakkan di sepatu. Ini tidak sopan dan sangat menyinggung Muslim dan menghina Islam,” tulis pembuat petisi, Saiqa Noreen.

Nike sendiri telah memberikan tanggapan nya terkait tuntutan tersebut. Melalui juru bicaranya, Nike menyebut bahwa logo tersebut hanyalah versi yang lebih “bergaya” dari merek dagang Air Max.

“Nike menghormati semua agama dan kami memperhatikan hal ini dengan serius. Logo AIR MAX dirancang untuk menjadi representasi gaya dari merek dagang AIR MAX Nike. Logo ini dimaksudkan untuk mencerminkan merek AIR MAX saja. Arti atau perwakilan yang dirasakan lainnya tidak disengaja.” ujar juru bicara tersebut.

Peristiwa seperti ini bukan pertama kalinya bagi Nike. Sebelumnya produsen apparel olahraga asal Amerika itu juga mendapat sorotan karena menggunakan logo berbentuk api yang juga menyerupai kata Allah dalam bahasa Arab.

Peristiwa itu terjadi pada medio 1997 dimana dalam kasus tersebut Nike akhirnya 38.000 pasang sepatu kets di seluruh dunia dan menyumbangkan USD50.000 ke sebuah sekolah dasar Islam di Amerika Serikat.

Add a Comment