Nasional

Papua Barat Serahkan Petisi Ingin Merdeka Ke PBB, Menhan : Tidak Boleh Merdeka! Titik!

Primaberita.com – Kelompok separatis the United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mengklaim telah menyerahkan petisi yang sudah ditandatangani 1,8 juta orang untuk menuntut referendum kemerdekaan Papua Barat kepada Ketua Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Michelle Bachelet.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan petisi itu bukan masalah besar. Ia juga menegaskan tidak boleh ada kelompok yang merdeka di wilayah Indonesia dan jika ada pihak yang hendak akan merdeka harus berhadapan terlebih dahulu dengan dirinya selaku penanggungjawab pertahanan negara.

“Itu tidak masalah! Kita lebih banyak kok. Hanya sebagian kecil saja yang menandatangani petisi itu. Begini ya, apapun ngomong segala macem enggak boleh merdeka. Titik. Ya, kalau mereka berhadapan dengan pasti menteri pertahanan dulu dong, menteri pertahanan negara,” ujar Ryamizard.

Lebih jauh Ryamizard juga meminta PBB tidak ikut campur masalah yang terjadi di Indonesia, salah satunya soal separatisme. Karena , ia menyebut Indonesia tak pernah ikut campur atas masalah negara lain. Terlebih posisi Indonesia sebagai anggota PBB. Oleh karena nya ia pun menghimbau PBB untuk adil.

“Saya minta, kita (Indonesia) kan tidak pernah ikut-ikut negara orang. Orang lain jangan ikut-ikut negara sini (Indonesia) dong. PBB kan harus adil. Jangan kayak dulu tuh Timtim enggak adil macem-macem tuh,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan