Cemas Dengan Perkembangan Teknologi, Jack Ma : Ini Bisa Menyebabkan Perang Dunia Ke-3

Primaberita.com – Pendiri Alibaba, Jack Ma mengaku risau dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Menurut salah satu orang terkaya di China tersebut, teknologi bisa menyebabkan perang dunia ke-3.

Hal itu dirasakan Jack Ma karena berkaca pada masa lalu dimana inovasi teknologi merupakan faktor utama terjadinya konflik global yang akhirnya mengakibatkan perang dunia pertama dan ke-2 terjadi.

“Perang dunia pertama adalah karena revolusi teknologi pertama. Lalu revolusi teknologi kedua menyebabkan perang dunia kedua. Sekarang ini adalah revolusi teknologi yang ketiga, dan saya cemas perang dunia ke-3 akan lahir.” ucap Jack Ma.

Pemaparan ini bukan yang pertama kali di katakan olehnya. Sebelumnya, pada tahun 2017, dia pernah mengatakan bahwa perkembangan machine learning dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan bisa berujung pada perang dunia III.

Sejatinya bukan hanya Jack Ma yang merasakan kegelisahan itu. Hal serupa dirasakan pula oleh pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk. Ia berulangkali mengatakan teknologi kecerdasan buatan bisa berbahaya jika tidak dikendalikan.

Namun demikian, ia masih percaya bahwa teknologi pada dasarnya membawa kebaikan bagi umat manusia jika berada di tangan orang-orang yang bertanggung jawab.

“Aku bukan orang teknologi, tapi aku yakin teknologi itu hebat bagi manusia. Dan sebagai perusahaan, tidak berbuat jahat semata tidaklah cukup. Kalian harus melakukan hal baik bagi dunia, bagi masa depan dan percaya pada anak muda,” tutupnya.

Add a Comment