Nasional

Jokowi Borong Sabun Senilai Rp 2 Miliar, Direktur Eksekutif CBA : Presiden Lebay!

Primaberita.com – Direktur Eksekutif Center Budgetting Analys (CBA) Ucok Sky Khadafi menyebut langkah Presiden Jokowi memborong 100 ribu botol sabun senilai Rp2 miliar mencontohkan sikap ‘lebay’ di depan publik.

Menurutnya, hal itu sama sekali tidak membantu sektor UMKM dan tidak akan berjangka panjang. Ucok memaparkan jika Jokowi bertujuan untuk memberdayakan UMKM seharusnya melakukan pengembangan program dan saluran distribusi produk, bukan dengan membeli produk dalam jumlah banyak.

“Agak lebay ya. Kalau cuma borong sabun meskipun dari uang pribadi tidak akan berimbas panjang terhadap UMKM. Dengan Pak Jokowi membeli sabun Rp2 miliar maka memperlihatkan kalau kementerian gagal dalam membuka akses dan pendanaan,” beber Ucok.

Sebelumnya, Jokowi memborong 100 ribu botol sabun milik salah satu kelompok usaha di Garut, Eli Liawati. Harga satu botol sabun cuci berisi satu liter itu sebesar Rp20 ribu.

Jokowi lantas memberikan uang muka pembelian sebesar Rp10 juta sebagai tanda jadi. Eli pun menyanggupi pesanan Jokowi itu dan akan rampung akhir Februari 2019.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan