Kesehatan Lifestyle

Panas Dalam? Berikut Cara Dan Bahan Alami Mengobatinya

Primaberita.com – Panas dalam berasal dari ilmu kedokteran Tiongkok berabad-abad lalu. Para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia selalu seimbang. Suhu tubuh yang tidak seimbang itulah disebut panas dalam.

Gejala panas dalam sendiri seperti sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan dan panas dalam. Sejatinya panas dalam bukanlah penyakit. Oleh karena itu tidak perlu terburu-buru minum obat untuk mengobati panas dalam.

Kenali terlebih dahulu gejala yang kamu alami agar bisa ditentukan pengobatan seperti apa yang sesuai.  Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa manfaatkan bahan- bahan alami seperti dibawah ini :

1. Jeruk Nipis

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis di percaya dapat mengobati panas dalam. Selain itu sariawan, bibir pecah-pecah juga ampuh jika dioabati dengan jeruk nipis.

2. Biji Dan Daun Selasih

Kandungan zat bascilin pada selasih berperan untuk mempertahankan vitamin c didalam tubuh. Masyarakat Cina juga memanfaatkan selasih untuk mengobati panas dalam sejak zaman dahulu. Caranya cukup ambil dua sendok biji selasih kemudian seduh dengan segela air, dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin kamu bisa meminumnya.

3. Garam

Air garam dapat meningkatkan keseimbangan pH dan merangsang produksi saliva dalam mulut.  Kandungan senyawa mineral alaminya dan sifat anti bakteri yang dimiliki mampu mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah.  Caranya cukup mudah larutkan dua sendok air garam dengan satu gelas air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan hal ini secara rutin terutama sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

4. Akar Dan Daun Alang-Alang

Tanaman liar sejenis rerumputan ini memiliki khasiat untuk pengobatan panas dalam.  Untuk akar alang-alang, ambil akar alang-alang, cuci hingga bersih dan rebus, tunggu hingga airnya menyusut. Tuang air rebusan ke dalam gelas dan tunggu sampai dingin kamu bisa meminumnya. Sedangkan untuk daun alang-alang sendiri caranya juga sama rebus daun alang-alang sampai airnya sedikit menyusut, dan tunggu hingga dingin.

5. Madu

Madu terbukti ampuh melegakan berbagai masalah tenggorokan. Caranya kamu dapat minum secara langsung, atau di campur dengan teh.

Jangan lupa konsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang dan terhindar dari dehidrasi.

Tinggalkan Balasan