Nasional

Sebut Ma’Ruf Amin Pengikut PKI, KH Saadullah Basuni Dilaporkan Ke Polisi

Primaberita.com – Ulama asal Pasuruan, KH Saadullah Basuni dilaporkan Barisan Serba Guna Nahdlatul Ulama Jawa Timur dan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Malang ke Polres Malang karena menyebut calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin sebagai pengikut PKI dan antek China dalam ceramah nya.

Ceramah itu sendiri disampaikan Saadullah Basuni di Dusun Barang Kidal, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 30 September 2018 lalu. Ketua GP Ansor Kabupaten Malang Husnul Hakim Syadad mengatakan pernyataan Saadullah Basuni dianggap telah mencederai institusi NU karena Ma’ruf Amin termasuk orang yang dihormati.

“Saya mendapat video rekaman ceramah tersebut dua hari yang lalu. Kemudian kami pelajari dan ternyata ada unsur ujaran kebencian, maka kami langsung laporkan kepada pihak yang berwajib. Maka dari itu, NU melalui Banser melaporkan dugaan kebencian melalui ceramah tersebut.” tegas Husnul Hakim.

“Karena video ini mencederai institusi kami. Kami menerima video itu dalam dua versi, yakni versi yang lengkap dan versi yang sudah dipotong. Apalagi video tersebut sudah tersebar di YouTube. Selanjutnya kami berharap kepada pihak yang berwajib untuk segera mengusut apa yang telah kami laporkan ini,” lanjut Husnul Hakim.

Menurut Husnul Hakim, politik memang banyak membuat orang buta hati. Orang sekelas ulama seperti KH Saadullah Basuni pun tak bisa mengontrol ucapannya dengan tudingan yang dinilai sangat kejam. Ia pun berharap, pelaporan ini bisa menjadi pelajaran bagi siapapun untuk tak mencampur adukkan politik dengan agama.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan