Panas! 5 Pendiri PAN Desak Amien Rais Segera Mundur

Primaberita.com – Sejumlah pendiri dan penggagas Partai Amanat Nasional (PAN) di antaranya Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin mengeluarkan surat terbuka yang isinya menyarankan dan meminta agar Amien Rais mundur dari PAN dan juga panggung politik Tanah Air.

Hal itu dibenarkan oleh Goenawan Mohammad yang salah satu di antara pendiri dan penggagas PAN. Ia memaparkan, dalam surat tersebut dibuat pasca memerhatikan perkembangan kehidupan politik di Indonesia. Khususnya, kiprah Amien Rais bersama PAN maupun secara personal.

“Iya benar. Yang menulis Pak Abdillah Toha. Kami semua menandatangani. Kami sebagai bagian dari penggagas dan pendiri PAN merasa bertanggung jawab dan berkewajiban membuat pernyataan bersama di bawah ini demi mengingatkan akan komitmen bersama kita pada saat awal pendirian partai,” ujar Goenawan.

Goenawan menjelaskan, maksud dari permintaan mereka itu tak lepas dar komitmen bersama kala pertama kali mendirikan PAN yang ingin menjunjung tinggi kebebasan berpendapat dan menegakkan demokrasi setelah 32 tahun di bawah kekuasaan absolut orde baru yang korup dan otoriter.

Lebih jauh Goenawan menegaskan PAN adalah partai yang berazaskan Pancasila dengan landasan nilai-nilai moral kemanusiaan dan agama, PAN merupakan partai modern yang bersih dari noda-noda orde baru dan bertujuan menciptakan kemajuan bagi bangsa.

“Dengan menggunakan kacamata prinsip-prinsip PAN tersebut, kami mendapatkan kesan kuat bahwa Saudara Amien Rais (AR) sejak mengundurkan diri sebagai ketua umum PAN sampai sekarang, baik secara pribadi maupun mengatasnamakan PAN, seringkali melakukan kiprah dan manuver politik yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip itu,” lanjut Goenawan.

Goenawan juga menambahkan Amien Rais telah menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencapai tujuan meraih kekuasaan. Amien sebagai ilmuwan ilmu politik juga dinilai telah gagal mencerdaskan bangsa dengan ikut mengeruhkan suasana dalam negeri dalam menyebarkan berita yang jauh dari kebenaran tentang kebangkitan PKI di negeri kita.

Selain itu Amien yang berada di luar struktur utama PAN dinilai terkesan berat menyerahkan kepemimpinan PAN kepada generasi berikutnya dengan terus menerus melakukan manuver politik yang destruktif bagi masa depan partai.

“Atas dasar pertimbangan semua itu, kami sebagai bagian dari pendiri PAN yang bersama saudara saat itu meyakini prinsip-prinsip yang akan kita perjuangkan bersama, menyampaikan surat terbuka ini sebagai pengingat dari sesama kawan,” tulis ke-5 nya di surat terbuka tersebut.

Add a Comment