Kuliner Travel

Berkunjung Ke Kota Medan? Ini 10 Kuliner Dan Oleh-Oleh Yang Wajib Kamu Cobai

Primaberita.com – Berbicara kota Medan, tentunya tak akan lepas dari wisata kuliner. Ya, Ibukota provinsi Sumatera Utara ini memang merupakan salah satu surga kuliner bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di kota Medan ini kamu bisa menemukan berbagai macam kuliner yang pastinya belum tentu bisa kamu dapatkan di tempat-tempat lain. Namun bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi Medan dan masih bingung memilih buah tangan yang tepat, berikut kita berikan beberapa rangkuman oleh-oleh khas kota Medan yang paling populer.

1. Bolu Meranti

Bolu Meranti merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling banyak diburu dan diminati oleh wisatawan. Disini kamu bisa menemukan bolu gulung yang lezat dan tentunya dengan berbagai macam varian rasa seperti keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, moka, dan kacang dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 60 ribuan per kotak.

2. Enak Bakery


Meskipun terbilang pendatang baru di dunia kuliner Medan, namun Enak Bakery bisa menjadi salah satu rekomendasi buat Anda. Dengan tagline Pusat oleh-oleh Medan, Enak Bakery menyediakan roti, cake, kue dan berbagai cemilan khas Medan yang unik-unik. Untuk urusan harga Enak Bakery yang terletak di Jalan Sisingamangaraja No. 9-G dan Jl.Marelan Raya Pasar II Medan ini tak akan bikin kantong kamu bolong dan pastinya cukup terjangkau!

3. Bika Ambon Zulaikha


Di berbagai sudut kota, terdapat banyak toko yang menjual bika ambon beraneka rasa, namun yang paling terkenal di Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang berlokasi di Jalan Mojopahit No 62. Bika Ambon disini memiliki rasa dan kualitas di atas rata-rata bika Ambon lain sejenis nya yang ada di Medan.

4. Pondok Risol


Pernah dengan risoles? Tentunya pernah dong ya? Cemilan yang satu ini memang melegenda di seluruh penjuru Indonesia termasuk di kota Medan. Nah, salah satu toko penjual risol yang paling nge hits di kota Medan adalah Pondok Risol yang ada di Jalan Ismailiyah, Kecamatan Medan Area, kota Medan. Disini kamu tak hanya menemukan risol dengan berbagai macam varian rasa dan isian, namun juga bisa mendapatkan kue-kue khas tradisional seperti bolu kukus dan lain nya. Risol dan aneka kue tradisional disini juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

5. Teri Medan


Yang satu ini bisa dibilang oleh-oleh paling wajib yang harus kamu dapat. Ikan teri yang menjadi makanan favorit masyarakat lokal ini bisa kamu dapatkan di seluruh pasar tradisional di sini, salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Ada pun produk yang dijual di tiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan yang fenomenal.

6. Sirup Markisa


Medan juga memiliki minuman khas yang sering dijadikan oleh-oleh, yaitu sirup markisa. Minuman ini terkenal dengan rasa manis dan segarnya. Kualitas sirup markisa Medan juga tak perlu diragukan. Di Medan, buah markisa hanya tumbuh di Dataran Tinggi Karo, Berastagi, sehingga menjadi produk unggulan wilayah tersebut. Dari banyaknya produk sirup markisa di pasaran, produk yang paling laris adalah Sirup Markisa Pohon Pinang dan Sarang Tawon. Merek ini sudah terkenal sejak lama dan mudah didapatkan di seluruh sudut kota.

7. Ucok Durian


Beberapa hasil survey sepakat jika anda belum bisa di bilang ke Medan kalo belum merasakan nikmatnya buah Durian. Salah satu agen Durian yang paling terkenal di Medan adalah Ucok Durian. Di tempat ini, selain bisa makan langsung buah durian, Anda juga bisa mendapatkan pancake Durian yang tak kalah lezat nya. Pancake Durian ini merupakan modifikasi daging durian yang dikemas sedemikian rupa agar lebih mudah dibawa dan sangat cocok di jadikan oleh-oleh.

8. Kopi Sidikalang


Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara yang sudah termahsyur hingga ke luar negeri. Sidikalang adalah wilayah pegunungan yang memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk, dan curah hujan yang cukup, hingga dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik. Kalau kamu pencinta kopi, pasti tahu perbedaan rasa antara kopi Sidikalang dengan kopi lainnya. Rasanya yang enak dan unik, membuat kopi ini mampu bersaing dengan kopi Brazil yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dari segi harga, kopi Sidikalang cukup terjangkau.

9. Lemang


Makanan tradisional ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur santan dan digulung menggunakan daun pisang. Makanan ini pun dimasak secara unik, yaitu dimasukkan ke ruas bambu dan dibakar di atas bara api. Setelah matang dan dapat disantap, ketan tersebut terasa sangat pulen dan gurih, serta memiliki aroma yang khas. Rasanya pun semakin nikmat saat disantap selagi hangat dengan tambahan tapai, durian, atau selai serikaya.

10. Kacang Sihobuk


Kacang ini sebenarnya oleh-oleh asli dari daerah Tarutung, salah satu daerah di Sumatera Utara. Tapi tenang saja, kacang sihobuk sudak banyak dijual toko oleh-oleh yang ada di Medan. Jadi, jika kamu tidak sempat berkunjung ke Tarutung kamu tetap masih bisa membeli kacang ini di Medan

Incoming search terms:
  • Bolu meranti tidak boleh jual produk ke pasaran
Bagikan:

Tinggalkan Balasan