Primaberita.com – Apakah sobat Prima pernah merasa kepanasan dan berkeringat di malam hari dan menurut sobat itu mengganggu kesehatan , padahal udara cukup bersahabat?

Nah, ada beberapa kemungkinan yang bisa jadi penyebabnya. Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai penyebab seseorang berkeringat di malam hari

Berikut ini ada beberapa penyebab seseorang merasa kegerahan dan berkeringat di malam hari, yaitu:

1. Menopause

Wanita usia menopause sering berkeringat di malam hari akibat hot flashes. Hot flashes adalah perasaan panas yang datang tiba-tiba dari dalam tubuh dan biasanya terasa di wajah, leher, dan dada. Selain keringatan di tengah malam, gejala hot flashes juga bisa membuat kulit memerah, jantung berdetak lebih cepat, dan kesemutan di ujung-ujung jari Anda.

2. Infeksi

Salah satu infeksi yang paling sering menyebabkan keringat malam ialah tuberkulosis atau TBC. Akan tetapi, tak hanya itu saja, infeksi bakteri seperti radang katup jantung (endokarditis), peradangan pada tulang (osteomielitis), dan HIV juga bisa menyebabkan Anda berkeringat di malam hari.

3. Obat-obatan

Obat-obatan jenis tertentu seperti antidepresan, steroid, dan pereda nyeri adalah jenis obat yang bisa membuat Anda berkeringat tengah malam. Dikutip dari WebMD, sekitar 8 hingga 22 persen orang yang menggunakan obat antidepresan akan mengalami hal ini.

4. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi saat gula darah di dalam tubuh terlalu rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang berkeringat di waktu yang tidak seharusnya, termasuk di malam hari. Hipoglikemia umumnya terjadi pada orang dengan diabetes di mana kadar gula darahnya tidak stabil.

5. Kanker

 

Salah satu jenis kanker yang paling umum dan bisa menyebabkan keringat di malam hari adalah kanker limfoma. Kanker ini menyerang kelenjar getah bening serta limfosit atau salah satu jenis sel darah putih di tubuh.

Selain keringat tengah malam, kanker limfoma juga memunculkan gejala lain seperti penurunan berat badan yang sangat drastis dan demam tanpa sebab.

6. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi saat tubuh mengalami keringat berlebihan tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, orang yang mengalami ini disarankan untuk memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat untuk meminimalkan produksi keringat yang dihasilkan tubuh.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….