Jumat , Desember 14 2018
Home / Health / Benarkah Obat Darah Tinggi Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru?

Benarkah Obat Darah Tinggi Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru?

Primaberita.com – Mulai dari sekarang jaha Kesehatan yuk sobat Prima, karena itu sangat penting dari apapun dan katanya obat darah tinggi bisa memicu tingkatkan risiko kanker paru-paru. Kira-kira itu hanya sekedar mitos belaka atau bener-bener fakta ya sobat Prima? Cari tau yuk !

Bagi penderita tekanan darah tinggi, mereka pasti sudah terbiasa rutin minum obat setiap hari agar tekanan darah mereka menjadi stabil. Namun, penelitian terbaru menyebutkan risiko lain dari konsumsi obat tersebut.

Menurut Penelitian

Disebutkan bahwa obat darah tinggi dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kemungkinannya lebih besar bagi pasien yang lebih lama minum obat tersebut. Menurut para peneliti dari McGill University di Montreal, Kanada, orang yang minum obat selama lima tahun, 22% lebih mungkin untuk berisiko kanker paru-paru. Sedangkan mereka yang minum obat selama 10 tahun, risikonya meningkat menjadi 31%.

Baca:  Demi Eden Hazard, Madrid Rela Berikan Bale Untuk Chelsea

Secara Umum

Orang yang menggunakan ACE inhibitor—segolongan obat yang menghambat kinerja enzim ACE yang mengatur plasma darah, limfa, dan cairan jaringan tubuh—berisiko dapat mengembangkan kanker sebanyak 14%, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan obat jenis lain.

Para peneliti percaya bahwa obat-obatan tersebut menyebabkan akumulasi bahan kimia, yang disebut bradikinin, di paru-paru sehingga dapat menyebabkan kanker.

Penelitian yang dipublikasikan di BMJ ini, dilakukan dengan meneliti 992 ribu orang dewasa yang diberi resep obat darah tinggi di Inggris antara 1995 dan 2015. Para peneliti mengatakan, mereka perlu melakukan penelitian tambahan untuk menyelidiki mengenai efek dari obat tersebut terhadap kanker paru-paru.

Baca:  Janda Anak Satu Di Binjai Tewas Bersimbah Darah Dan Tanpa Busana

“Meskipun risikonya mungkin tidak terlalu banyak, tetapi perlu dicari alternatif pengobatan lain untuk pasien darah tinggi, terutama mereka yang minum obat untuk jangka waktu yang lebih lama,” tulis penelitian tersebut.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Tinggalkan Balasan