Jumat , Desember 14 2018
Home / FOOD / Asal Usul Nasi Goreng, Berasal Dari China Dan Melegenda Di Indonesia

Asal Usul Nasi Goreng, Berasal Dari China Dan Melegenda Di Indonesia

Primaberita.com – Jika bicara kuliner tradisional Indonesia, Nasi Goreng merupakan salah satu yang paling banyak di gemari. Ya, nasi goreng adalah makanan yang tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

Berdasarkan sejarah nya, asal usul Nasi Goreng ternyata berasal dari masakan tradisional Tionghoa yang sudah mulai ada sejak 4000 Sebelum Masehi. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau Tionghoa yang kemudian menetap dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.

Untuk diketahui,  Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Baca:  Apakah Sering Merasakan Migrain? Berapa Lama Migrain Bertahan ya?

Di saat ini, Nasi Goreng sendiri sudah memiliki banyak variasi dan jenis. Di Indonesia sendiri, Nasi Goreng memiliki aroma berbeda dari Nasi Goreng di Negara Asia lain. Aroma nya lebih menarik karena nasi goreng di Indonesia diberi kecap manis atau kadangkala terasi dan tentunya memiliki rasa lebih kuat dan pedas dibanding nasi goreng cina.

Cara membuat Nasi Goreng sendiri bisa dibilang cukup sederhana. Dengan menumis bumbu seperti cabai, bawang dsb, kemudian nasi putih di campurkan kedalam nya dan di berikan kecap untuk memberi variasi rasa dan juga warna agar membuat semakin menarik.

Baca:  Gedung DPR Kena Peluru Nyasar, Anies Baswedan : Kita Akan Segera Revisi Tata Ruang Kota

Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh budaya etnik asing bawaan yg datang ke negara tersebut.

Nasi goreng dapat dimakan kapan saja, dan banyak orang Indonesia, Malaysia, dan Singapura memakannya untuk sarapan, biasanya menggunakan nasi sisa makan malam sebelumnya. Nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng sudah ditanak terlebih dahulu dan dibiarkan mendingin, sehingga menjadi alasan memakai nasi yang ditanak sehari sebelumnya.

source : wikipedia

 

 

Tinggalkan Balasan