Jumat , Desember 14 2018
Home / Health / Mitos Atau Fakta Mendengarkan Musik Bisa Lebih Cepat Tidur?

Mitos Atau Fakta Mendengarkan Musik Bisa Lebih Cepat Tidur?

Primaberita.com – Untuk orang yang Insom sudah pasti ingin sekali untuk tidur cepat untuk jaga kesehatan tubuh kita yang seharian beraktifitas. Ada banyak cara untuk membuat lebih cepat tidur, mulai dari mematikan lampu kamar sampai menggunakan penutup mata. Ada pula yang memilih untuk mendengarkan musik agar cepat mengantuk. Namun, seberapa efektifkah metode ini?

Tabitha Trahan, peneliti dari University of Sheffield, Inggris

Membuat survei online untuk mencari tahu seberapa besar efek musik terhadap kualitas tidur di malam hari. Menurut Trahan, kurang tidur merupakan masalah yang lazim dialami, serta mampu menyebabkan risiko kesehatan yang serius. Musik berpotensi menjadi “obat tidur” yang murah meriah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS One edisi November ini diklaim sebagai survei online pertama yang bertujuan untuk menginvestigasi fungsi musik sebagai alat bantu tidur pada populasi umum. Survei ini mengangkat sejumlah poin, beberapa di antaranya yakni tingkat musikalitas, kebiasaan tidur, musik apa yang biasa didengarkan sebelum tidur, serta mengapa mereka memilih jenis musik itu.

Baca:  Ajarkan 7 Hal Tentang Pembalut Ini Pada Anak Perempuan Anda !

Dari 651 responden, 62% di antaranya mengaku musik membantu mereka untuk tidur lebih cepat

Bahkan responden yang tidak memiliki masalah sulit tidur pun secara rutin mendengarkan musik di malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur. Para responden percaya bahwa musik mampu merangsang rasa kantuk, serta menghalangi stimulus internal maupun eksternal yang dapat mengganggu kualitas tidur. Survei ini juga menunjukkan adanya 14 genre musik dan 545 musisi yang didengarkan para responden sebelum tidur.

Baca:  iPhone XR, XS, Dan XS Max Sudah Bisa Dipesan, Ini Daftar Harganya

Musik konon membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga tidak heran jika banyak orang mendengarkan musik sebelum tidur. Dalam penelitian lain yang juga dipublikasikan di jurnal PLOS One, musik mampu menurunkan ritme detak jantung dan membuat napas lebih tenang. Hasil yang lebih optimal diperoleh saat mendengarkan musik-musik bertempo lambat, seperti musik klasik atau jazz, yang mampu menenangkan pikiran menjelang tidur.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Tinggalkan Balasan