Kesehatan

Ini Dia Bedanya HIV dan AIDS Yang Harus Kamu Ketahui !

Primaberita.com – Sobat Prima harus wajib tau apa bedanya HIV dan AIDS biar gak salah paham mengenai penyakit tersebut dan mampu menjaga kesehatan lebih baik lagi untuk kedepannya. Banyak orang yang mengira bahwa penyakit HIV (Human Immunodefiency Virus) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) merupakan penyakit yang sama.

Nama HIV sendiri menggambarkan bahwa virus ini menginfeksi manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini menyerang CD4, yang berfungsi sebagai ‘alarm’ tubuh ketika dimasuki virus berbahaya, dalam sel T, yang merupakan bagian dari sel darah putih.

Akhirnya, tubuh tidak bisa bekerja efektif seperti seharusnya untuk melawan virus tersebut. Virus HIV hidup dalam cairan tubuh seperti darah, air mani, dan cairan vagina, sehingga penularannya bisa terjadi melalui hubungan seks tanpa pengaman (kondom), transfusi darah, penggunaan jarum yang tidak steril, dan bisa terkena pada bayi dari ibu yang terinfeksi HIV.

Virus HIV ini bisa menyebabkan sebuah kondisi yang disebut AIDS sehingga setiap orang yang mengidap AIDS sudah pasti terserang HIV. Sebaliknya, tidak semua pengidap HIV bisa menjadi AIDS. Kondisi ini sangat kompleks dan bervariasi pada setiap orang, yang gejalanya sangat terkait dengan infeksi pada seseorang karena kerusakan sistem imun.

Orang yang sudah terkena AIDS, maka tubuhnya sudah tidak bisa melawan infeksi. Kondisi ini membuat mereka mudah terkena tuberkulosis, radang paru, jamur, dan infeksi lainnya. Orang yang terkena virus HIV bisa hidup sehat, asalkan tidak masuk pada tahap AIDS dan melakukan pengobatan yang baik. Akan tetapi, bila seseorang sudah dalam kondisi AIDS, pasti memiliki virus HIV sehingga infeksi ini tidak benar-benar bisa dihilangkan dari tubuh karena belum ada obatnya.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Bagikan:

Tinggalkan Balasan