Health

Simak 5 Jenis Aromaterapi Untuk Menghilangkan Stres

Primaberita.com –  Aromaterapi untuk kesehatan tubuh dan juga untuk menghilangkan stres. Padatnya rutinitas sehari-hari sering menimbulkan kelelahan dan stres. Tuntutan pekerjaan dan keramaian juga menjadi salah satu faktor penyebab stres. Stres yang berkepanjangan akan mengakibatkan depresi.

Biasanya orang-orang akan mengobati stres dengan cara liburan. Namun hal itu hanya bisa dilakukan pada saat memiliki waktu senggang. Bagaimana dengan yang tidak memiliki waktu libur?

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan aroma terapi. Aromaterapi dipercaya dapat mengatasi rasa stres yang melanda. Aromaterapi dapat dimanfaatkan untuk merelaksasi tubuh dan mengatasi suasana hati, menjernihkan pikiran dan memperbaiki mood.

Aromaterapi adalah terapi melalui aroma yang berasal dari sari atau ekstrak tumbuhan  seperti bunga, biji-bijian, tanaman herbal, dan akar-akaran untuk menyeimbangkan  kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa.  Penggunaan aromaterapi juga ada berbagai macam, berikut penjelasannya :

1. Dihirup

Caranya dengan meneteskan minyak aromaterapi kedalam mangkuk berisi air panas kemudian hirup uap airnya. Ini akan meredakan rasa stres yang sedang kamu rasakan.

2. Berendam

Caranya tambahkan minyak aromaterapi kedalam air panas dalam bathtub. Panas air akan menimbulkan uap air yang dapat kamu hirup sekaligus meresap kedalam kulit.

Berikut daftar minyak aromaterapi yang dapat kamu manfaatkan untuk meredakan stres.

1. Lavender

Minyak aromaterapi dengan aroma bunga lavender dapat meredakan syaraf-syaraf yang tegang dan membantu mengatasi  perasaan cemas, bingung, lelah, dan tekanan mental lainnya. Selain itu menghirup aroma lavender dapat membantu mengobati sakit kepala, insomnia dan hipertensi.

Lavender juga berkhasiat untuk antiseptik,antidepresan, antiperadangan dan deodoran. Penelitian juga telah membuktikan bahwa aromaterapi lavender membantu penderita kanker  supaya bisa tidur lebih nyenyak.

2. Chamomile

Minyak esesnsial chamomila telah digunakan Bangsa Romawi untuk meredakan stres sebelum menghadapi peperangan. Chamomile dapat meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

3. Rosemary

Minyak rosemary bermanfaat untuk antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif. Minyak rosemary akan menurunkan kortisol atau hormon stres sehingga membuat tubuh lebih relax tenang dan meningkatkan mood. Minyak rosemary juga dapat meredakan migrain dan mengatasi infeksi ringan pada liver atau sistem pencernaan.

4. Mawar

Aromaterapi dari mawar dapat mengatasi stres dan depresi. Karena mawar dijuluki sebagai ratu tanaman aromatik yang sering digunakan pakar kesehatan dan kecantikan sebagai sarana terapi.

5. Vanila

Wangi vanila memberikan efek ketenangan dan meningkatkan fungsi otak, dan tentu saja dapat menyembuhkan depresi sehingga stres yang kamu rasakan akan hilang.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Bagikan:

Tinggalkan Balasan