7 Obat Batuk Alami Yang Ampuh Mengatasi Batuk Tanpa Efek Samping

Primaberita.com –  Sobat Prima pasti pernah merasakan batuk kan, nah maka dari itu jaga kesehatan itu sangat penting dan pastikan konsumsi obat batuk alami ya sobat Prima. Batuk adalah salah satu respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Salah satu penyebab batuk adalah perubahan kondisi cuaca.

Tentu saja batuk sangat mengganggu dan menyiksa. Batuk dibagi tiga dua kategori yaitu batuk kering dan batuk berdahak dan batuk pilek

Batuk berdahak disebabkan oleh infeksi pada paru-paru yang menyebabkan produksi dahak menjadi lebih banyak dari jumlah normal.

Batuk kering merupakan batuk yang tidak disertai dengan dahak dan mengakibatkan rasa sakit pada tenggorokan. Biasanya hal ini terjadi karena adanya iritasi pada tenggorokan.

Batuk kering sangat mengganggu karena dapat menyebabkan rasa pegal pada perut karena menahan batuk yang datang terus menerus. Sedangkan batuk pilek, adalah batuk yang disertai dengan pilek.

Untuk menyembuhkan batuk kamu perlu mengobatinya dengan cara membeli obat di apotek ataupun kamu dapat meminum obat yang lebih alami dan tentu saja aman karena tidak ada efek sampingnya. Berikut beberapa obat tradisional yang dapat menyembuhkan batuk.

1. Obat Batuk Menggunakan Bunga Mawar

Mawar sangat ampuh untuk menyembuhkan batuk kering. Caranya yaitu, siapkan 10 gram bunga mawar masih segar, lalu tim bunga mawar tersebut dengan air bersih dan matang secukupnya, kemudian tambahkan gula batu secukupnya dan minum obat ini secara rutin 2 kali sehari.

2. Obat Batuk Menggunakan Jahe

Kandungan anti bakteri pada jahe sangat ampuh untuk menyembuhkan batuk. Cara membuatnya sangat sederhana yaitu, siapkan satu ruas jahe dan iris kasar. Kemudian rebus dengan segelas air sampai mendidih, setelah mendidih tuang kedalam gelas dan beri sedikit madu tunggu hingga hangat dan kamu dapat meminumnya 2-3 kali sehari.

3. Obat Batuk Menggunakan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga ampuh untuk mengusir batuk. Caranya ambil sepuluh belimbing wuluh dan cuci hingga bersih, kemudian parut. Masukkan hasil parutan ke dalam gelas yang berisi air  panas, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata kemudian saring dan minum air hasil saringan tersebut. Kamu dapat meminumnya 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

4. Obat Batuk Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih ampuh untuk mengusir batuk, terutama jenis batuk berdahak. Caranya ambil 2 lembar daun siri dan rebus dengan tiga gelas air putih, biarkan sampai mendidih dan air berkurang menjadi dua gelas. Tunggu hingga dingin, kamu dapat meminumnya pada pagi hari dan malam hari.

5. Air Putih Hangat

Air putih dapat menghambat pertumbuhan virus dan bakteri di dalam tubuh. Selain itu selama tubuh kita terpapar batuk, air putih hangat dapat menjadi bahan pelega tenggorokan dan rasa tidak nyaman yang diakibatkan batuk. Perbanyak minum air putih hangatakan sangat membantumu membasmi batuk yang kamu alami. Air putih hangat ini bisa jadi obat batuk tradisional termurah dan mujarab untuk kamu.

6. Obat Batuk Menggunakan Daun Kemangi

Sangat cocok untuk mengatasi batuk berdahak karena tanaman kemangi ampuh untuk mengencerkan dahak. Caranya adalah ambil segenggam daun kemangi dan rebus dengan satu gelas air, biarkan hingga mendidih. Tunggu hingga dingin agar dapat diminum. Kamu dapat meminumnya 2-3 kali sehari. Obat ini juga aman buat anak-anak.

7. Obat Batuk Menggunakan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat membantu pernapasan menjadi lebih lega. Caranya adalah campurkan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok teh kecap atau madu. Kamu dapat mengkonsumsinya 2-3 kali sehari

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Add a Comment