Kandungan Triklosan Pada Pasta Gigi Dapat Mengobati Malaria

Primaberita.com –  Jaga kesehatan selalu dong sobat Prima, dan ternyata kandungan Triklosan pada Pasta Gigi dapat mengobati Malaria.Para peneliti dari Universitas Cambridge yang berkolaborasi dengan robot cerdas yang bernama robot Eve  menemukan obat malaria yang berasal dari kandungan triklosan pada pasta gigi.

Robot eve menemukan kandungan triklosan

Ternyata pada pasta gigi mengandung Triklosan yang dapat memerangi infeksi malaria  pada tahapan dua kritis yang bertahan di liver dan darah. Triklosan menghalangi pertumbuhan  parasit malaria saat menginfeksi darah dengan menghidupkan enzim yang disebut dengan Enoyl Reductase (ENR).

Pada percobaan selanjutnya diketahui kemampuan triklosan yang dapat menghambat enzim parasit malaria yang berbeda dan dikenal dengan DHFR. DHFR merupakan target dari primetamin antimalaria, obat ini biasanya menjadi obat malaria di Afrika tetapi belakangan ini penyakit malaria sendiri menjadi resisten terhadap obat jenis ini.

Malaria yang resisten terhadap obat menjadi ancaman yang semakin signifikan

Di negara Afrika dan Asia Tenggara, Malaria yang resisten terhadap obat menjadi ancaman yang semakin signifikan. Obat-obatan yang  efektif untuk pengobatan perlahan semakin sedikit,” kata salah satu peneliti, Profesor Steve Oliver.

“Karena itu, pencarian obat-obatan baru menjadi semakin mendesak,” kata Steve Oliver dari departemen biokimia Cambridge University, yang turut memimpin pekerjaan dengan Elizabeth Bilsland, seperti dilansir dari laman Deccan Chronicle, Sabtu (20/1/2018).

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Add a Comment