Masih Bingung Sabun Cair atau Sabun Batang Yang Lebih Baik Untuk Kulit?

Primaberita.com – Sobat Prima Masih bingung sabun cair atau sabun batang yang lebih baik untuk kulit agar lebih menjaga kesehatan dan jadi sehat? Banyak yang beranggapan bahwa sabun batang adalah opsi yang kurang baik bagi kulit karena sifatnya mengikis minyak alami di lapisan teratas kulit sehingga membuatnya kering, atau bahkan mempermudah penyebaran dan perpindahan bakteri. Benarkah demikian? Patryce Kinga Bak, konsultan kesehatan holistik serta pendiri Clean Living Guide, mengatakan, semua kembali lagi ke fungsi yang ingin dicapai dari masing-masing sabun. Ini pendapat Bak mengenai sabun batang versus sabun cair.

Mana yang paling efektif membersihkan tubuh?

“Jika Anda hanya ingin membersihkan kotoran, bakteri, dan minyak berlebih yang menumpuk dari keringat, baik sabun cair maupun sabun batang yang mengandung minyak esensial, shea butter, atau zat melembapkan lain sama-sama mampu membersihkan tubuh dengan optimal. Jadi keduanya sama saja.”

Mana yang lebih aman bagi kesehatan kulit?

“Baik sabun cair atau batang, yang penting tidak mengandung triclosan atau triclocarban yang memang sudah dilarang oleh FDA. Apapun jenisnya, cari sabun yang mengandung bahan alami seperti shea butter, minyak esensial, minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain. Masalah kelembapan kulit, yang penting bukanlah jenis sabunnya—cair atau batang—tetapi kualitas produknya.”

Mana yang paling efektif mempertahankan kelembapan alami kulit?

“Menurut pengalaman saya, sabun batang dengan bahan alami yang memang dikenal baik bagi kelembapan kulit justru lebih lembut dan melembapkan ketimbang sabun cair. Namun mengharapkan sabun untuk membuat kulit lembap tidaklah adil, karena memang bukan itu fungsi sabun. Jika ingin kulit lembap, yang terpenting adalah produk atau rutinitas yang digunakan dan diterapkan setelah mandi, misalnya memakai body butter atau cream.”

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Add a Comment