Sering Bosan Ternyata Ada Manfaatnya Untuk Kesehatan Mental Dan Emosi Anda!

Primaberta.com – Sobat Prima, ternyata bosan yg sering terjadi pada diri kita ada manfaatnya untuk kesehatan mental dan emosi sobat prima loh! Pernahkah Anda bosan dan tidak merasa bersalah akan hal itu? Sebab kebanyakan orang seringkali mengeluh jika merasa bosan. Padahal sebenarnya bosan itu punya efek yang baik untuk tubuh, lho, terutama kesehatan mental Anda.

Doreen Dodgen-Magee, Psy.D., seorang psikolog yang punya spesialisasi dalam hidup di era digital, mengungkapkan kalau kebosanan itu penting. Sebab rasa bosan menawarkan ruang untuk dijelajahi dan hal itu mendorong Anda untuk benar-benar berhubungan dengan diri sendiri. Selain itu, apa lagi manfaat rasa bosan? Lihat di bawah ini!

1. Kebosanan bisa mengajarkan Anda banyak hal

Merasa bosan tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk melamun dan berangan-angan sejenak. Menurut Dodgen-Magee, kebosanan membuat rasa toleransi pada banyak hal dalam diri Anda muncul. Lalu ketika Anda tidak punya sesuatu untuk dikerjakan, rasa bosan punya kekuatan untuk mengurangi kecemasan Anda tentang kehilangan atau merasa tertinggal. Itu kemudian membangun kemampuan Anda untuk menghargai diri sendiri, lebih kepada siapa diri kita, bukan karena apa yang sudah kita lakukan.

2. Bosan memberikan Anda waktu lebih

Menurut David Barbour, salah satu pendiri perusahaan kesehatan Vivio Life Sciences, merasa bosan berarti Anda punya waktu lebih, dan setelah Anda menyadari kalau sedang bosan, Anda bisa melakukan hal-hal yang lebih berguna, daripada main game online.

3. Rasa bosan meningkatkan imajinasi Anda

“Menjadi bosan berarti membiarkan imajinasi berkembang liar,” ungkap Kayla O’Neill, mantan ahli terapi perkembangan dan pendiri situs web Parenting Expert to Mom. Ketika sedang bosan, Anda bisa membayangkan banyak hal. Jangan ragu untuk menjadi diri Anda sendiri, berimajinasilah sepuasnya, toh, tidak ada yang tahu ini.

4. Kebosanan bisa membantu Anda menyelesaikan emosi yang rumit

Masa-masa bosan bisa menyediakan waktu bagi diri Anda untuk menyelesaikan emosi yang rumit. Kebosanan mengajarkan Anda untuk merasa nyaman dan percaya diri dalam mengatasi emosi-emosi tersebut, belajar melihat dari segala sisi, dan mengambil kendali dalam segala keputusan dalam hidup.

Jadi, kalau sedang bosan Anda bisa terapkan 4 hal di atas, dan jangan memilih untuk menghabiskan waktu dengan main game atau menonton media sosial orang lain.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Add a Comment