Kubu Jokowi Tuding Prabowo Dukung Penjajahan Israel Terhadap Palestina

Primaberita.com – Komentar Prabowo Subianto terkait rencana Australia memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem bukan urusan Indonesia di tuding kubu Jokowi sebagai bentuk dukungan terhadap penjajahan Israel terhadap Palestina.

Hal itu disampaikan Wakil Direktur Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf, Lukman Edy yang menilai secara tidak langsung Prabowo telah mengakui bahwa Kota Yerusalem bukan milik Palestina, melainkan milik Israel yang selama ini dianggap sebagai zionis.

“Jadi substansinya pernyataan Prabowo itu sama saja dengan mengakui Yerusalem sebagai milik kaum zionis. Ini sama dengan mendukung penjajahan Israel atas Palestina” ujar Lukman.

Lukman pun menambahkan jika ucapan Prabowo telah menciderai perjuangan bangsa Indonesia yang selama ini memiliki keberpihakan dan kepedulian terhadap kemerdekaan Palestina. Ia pun menyarankan agar Prabowo segera meralat pernyataan tersebut.

“Bagaimana mungkin konstitusi kita mendorong kemerdekaan setiap bangsa justru dicederai dengan ketidakpedulian pada Palestina. Pernyataan Prabowo harus diralat karena Indonesia selama ini mendukung penuh kemerdekaan negara manapun,” tambah Lukman.

Di sisi lain, Lukman menilai tindakan Australia yang berencana memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem, maka Australia secara langsung sudah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Namun ia menegaskan pemerintah Indonesia seharusnya memprotes rencana pemindahan kedubes negara mana pun ke Yerusalem, termasuk Australia.

“Waktu AS berencana memindahkan kedutaannya di Yerusalem, kita protes keras di PBB. Saya ingatkan, luka itu belum sembuh, jangan malah ditambah dengan rencana pemindahan kedutaan Australia ke Yerusalem,” tutup Lukman.

 

Add a Comment