Primaberita.com – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais meminta Ketua Umum Muhammdiyah Haedar Nashir dan para kader nya segera memutuskan sikap di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Menurut Amien Rais, sebagai Ketua Umum sebuah organisasi Haedar harus menghimbau para kadernya agar memiliki satu suara dan tak boleh membiarkan para kader nya untuk menentukan pilhan masing-masing.

Amien menegaskan bukan merupakan fatwa jika pimpinan menyerahkan sendiri-sendiri ke kader terhadap siapa suaranya akan diberikan sehingga dibutuhkan ketegasan demi terwujudnya pemimpin yang sesuai harapan.

“Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di Pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer,” ujar Amien.

“Sekali lagi, kalau sampai itu dilakukan maka akan saya jewer. Pemilihan Presiden ini menentukan satu kursi dan jangan sampai bilang terserah,” lanjut Amien.

Lebih jauh, mantan Ketua MPR RI tersebut mengungkap kriteria pemimpin yang menurutnya perlu dipilih. “Pilih pemimpin yang beriman, diyakini dan tidak diragukan keislamannya. Tanpa harus saya sebut nama, pasti Muhammadiyah sudah tahu,” tutup Amien.